visitaaponce.com

5 Makanan yang Harus Dihindari saat Menyusui

5 Makanan yang Harus Dihindari saat Menyusui
Makanan berbahaya bagi ibu menyusui(Freepik)

MENYUSUI adalah momen berharga bagi ibu dan bayi, namun, apa yang ibu konsumsi juga memiliki dampak langsung pada kesehatan dan perkembangan bayi. Maka, penting bagi ibu menyusui untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya agar tidak mengganggu kualitas dan kesehatan ASI serta perkembangan bayi.

Dalam beberapa kasus, ada jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai makanan-makanan yang harus dihindari:

1. Ikan dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak bayi. Namun, beberapa jenis ikan memiliki kandungan merkuri yang tinggi, seperti tuna mata besar, raja makarel, marlin, dan ubin. Paparan merkuri pada bayi dapat mengganggu perkembangan sistem sarafnya, menyebabkan keterlambatan dalam perkembangan motorik halus dan bicara.

Baca juga : Kontroversi Suplemen Minyak Ikan: Apakah Saatnya untuk Berhenti Mengonsumsinya?

2. Beberapa Suplemen Herbal

Penggunaan suplemen herbal saat menyusui bisa menjadi bumerang karena berpotensi terkontaminasi logam berat selama proses pengolahan. Meskipun banyak suplemen yang diklaim dapat meningkatkan produksi ASI, belum ada penelitian yang membuktikan keefektivitasannya. Sebagai alternatif, ibu dapat memilih makanan seperti gandum, biji-bijian utuh, ragi, dan pepaya untuk meningkatkan produksi ASI.

3. Kafein

Kafein dalam makanan dapat mencemari ASI dan sulit dicerna oleh bayi. Dampaknya bisa berupa iritabilitas dan kesulitan tidur pada bayi.

4. Makanan Olahan

Makanan olahan umumnya rendah serat, vitamin, dan mineral, namun tinggi kalori, lemak jenuh, dan gula tambahan. Pola makan ibu menyusui dapat memengaruhi pola makan anak di kemudian hari.

5. Alkohol

Konsumsi alkohol saat menyusui juga sebaiknya dihindari. Alkohol dapat terabsorpsi ke dalam ASI dan tetap berada di dalamnya selama beberapa jam setelah dikonsumsi.

Memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat menyusui adalah langkah penting dalam menjaga kualitas dan kesehatan ASI serta perkembangan bayi. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu menyusui untuk menghindari makanan-makanan tersebut dan memilih alternatif yang lebih sehat untuk nutrisi yang baik bagi dirinya dan bayinya. Selain itu, konsultasi dengan dokter atau ahli gizi juga sangat dianjurkan untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kebutuhan ibu dan bayi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat