visitaaponce.com

Mengenal Jenis Suntik Filler Wajah

Mengenal Jenis Suntik Filler Wajah
Media Gathering ‘Embracing Diverse Beauty with the Versatility of HA Fillers’ di Jakarta Selatan, Senin (10/6).(MI/Meilani)

KEPERCAYAAN diri dapat dibangun dengan berbagai cara, salah satunya melalui perawatan wajah tanpa perubahan yang mencolok. Dalam hal ini, dermal filler berbahan dasar Hyaluronic Acid (HA) menjadi pilihan yang menonjol, karena fleksibilitas dan keamanannya. 

Dokter Lanny Juniarti, dipl. AAAM, mengungkapkan, "Dermal filler dengan HA menawarkan penyesuaian yang variatif pada area wajah sesuai kebutuhan pasien. Ini menjadikannya perawatan yang adaptif, menonjolkan fitur khas masing-masing individu, dan mengikuti tren kecantikan terkini."

Sebelum melakukan prosedur suntik filler, dr. Kristian Sanjaya M.Biomed (AAM), menegaskan pentingnya konsultasi yang komprehensif. "Konsultasi dari sebelum hingga sesudah perawatan diperlukan untuk mengantisipasi efek samping. Pasien juga diharapkan transparan terkait kondisi tubuhnya untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan pasca prosedur."

Baca juga : Melalui Transformasi Kecantikan, Casa Lovina Ajak Wanita Mencintai Diri Sendiri

Pasien, seperti aktris Elma Theana, setuju akan pentingnya konsultasi yang terbuka. "Sesi konsultasi yang dua arah penting untuk diskusi tentang prosedur, risiko, dan efek samping pasca-treatment. Dengan dokter yang terbuka, saya merasa aman dan nyaman selama proses perawatan," ucapnya dalam Media Gathering ‘Embracing Diverse Beauty with the Versatility of HA Fillers’ di Jakarta Selatan, Senin (10/6).

Jenis suntik filler yang umum digunakan:

1. Asam Hialuronat

Mengurangi kerutan dan memberikan kesan kulit awet muda. Hasilnya bisa bertahan 6 hingga 12 bulan.

2. Kalsium Hidroksiapatit

Baca juga : Kiat Tampil Glowing Sekaligus Peduli Lingkungan

Mengembalikan volume pipi dan mengurangi kerutan kulit yang lebih dalam. Efeknya bisa hingga satu tahun untuk kontur dan tiga tahun untuk mengurangi kerutan.

3. Pencangkokan Lemak

Melibatkan penggunaan lemak dari bagian tubuh tertentu untuk memperbaiki volume wajah. Hasilnya bisa permanen, namun membutuhkan beberapa prosedur.

4. Pengisi Jaringan Lunak Permanen

Untuk menghaluskan kerutan di sekitar mulut, efeknya permanen tanpa perlu suntikan ulang. Namun, kurang direkomendasikan untuk pemula.

Baca juga : 4 Masalah Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

5. Asam Poli-L-Laktat

Mengembalikan volume wajah yang hilang dengan hasil yang bertahan hingga dua tahun.

Tahapan Proses dan Efek Samping

Sebelum prosedur, evaluasi area wajah dan riwayat kesehatan dilakukan. Informasikan dokter tentang alergi, kondisi kulit, atau riwayat medis tertentu.

Selama prosedur, area kulit dibersihkan dan bisa diberikan anestesi topikal untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Hasilnya biasanya terlihat segera.

Efek samping yang umum termasuk kemerahan, bengkak, dan memar ringan yang akan hilang dalam beberapa hari. Namun, efek samping serius seperti infeksi atau granuloma bisa terjadi dalam kasus yang jarang terjadi.

Sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda dan memahami risiko serta manfaatnya dengan baik. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat