visitaaponce.com

6 Kesalahan yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

6 Kesalahan yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua
Banyak menggunakan produk perawatan wajah tetap tidak membuat wajah awet muda, jika tidak menggunakannya dengan tepat.(Unsplash/ Egin Akyurt)

SIAPA yang tidak ingin terlihat awet muda? Itu sebabnya hampir semua produk perawatan wajah tidak pernah lupa memasukkan manfaat meremajakan kulit dalam daftar keunggulan mereka.

 

Namun bisa saja produk perawatan wajah terbaik pun tidak bisa membantu Anda dalam mendapatkan wajah yang segar dan tampak muda. Sebaliknya, wajah tidak bersinar dan banyak memiliki masalah kulit.

Baca juga : Kebangkitan J-Beauty: Perpaduan Tradisi dan Teknologi Perawatan Kulit Jepang

 

Donna Tait, pakar perawatan wajah asal Inggris yang juga pemilik brand perawatan wajah Katherine Daniels, mengungkapkan ada 6 kesalahan umum yang kerap dilakukan orang hingga wajahnya terlihat lebih tua dari usianya. Beberapa kesalahan itu karena persepsi yang salah tentang produk perawatan wajah.

 

Baca juga : Mengenal Endolift untuk Perawatan Wajah dan Tubuh

Berikut 6 kesalahan itu yang dilansir Dailymail, Senin (20/5):

 

1. Membiarkan Wajah Kotor

Baca juga : Gelar Skincara SPF++ Festival, Skincara Kenalkan Kosmetik Korea dan Jepang

Tait mengatakan banyak orang yang membiarkan wajah terus-menerus kotor, tanpa mereka sadari. Ini terjadi ketika orang merasa sudah cukup membersihkan riasan hanya dengan micellar water atau, bahkan, dengan tissue basah.

Tait berpendapat micellar water tidak cukup membersihkan riasan, meski klaim berbagai produk micellar water menyebutkan demikian. Menurutnya, micellar water hanyalah penolong di saat darurat, seperti ketika Anda sudah sangat-sangat lelah untuk membersihkan riasan. Sebab itu, hal ini tidak dapat dilakukan terus-menerus.

Cara terbaik membersihkan wajah adalah dengan sabun pembersih. Jadi, meski telah menggunakan micellar water, Anda harus tetap mencuci muka dengan sabun wajah dan setelahnya hidrasi wajah dengan toning dan pelembab.

Baca juga : Ini Tips Menjaga Kesehatan dan Awet Muda dari Ariel Noah

Tait juga menekankan untuk tidak membersihkan wajah dengan tissue basah. Berbagai zat kimia di tissue basah dapat berakibat buruk pada wajah.

 

2. Tidak Setia

Tidak setia yang dimaksud Tait, adalah terhadap produk perawatan yang Anda gunakan. Ia mengungkapkan jika sedikitnya Anda harus memberi waktu empat minggu untuk melihat dampak suatu produk perawatan wajah.

Berganti-ganti produk terlalu cepat, bukan saja tidak akan memberi hasil efektif, melainkan bisa membuat kulit malah rusak. Terlebih jika Anda senang memakai produk yang memiliki klaim hasil cepat. Biasanya, produk tersebut memiliki kandungan zat yang tinggi sehingga bisa membuat kulit menjadi sensitif.

 

3. Tidak Melihat Sumber Masalah

Keinginan akan hasil cepat juga membuat orang ingin menuntaskan permasalahan kulit tanpa melihat akar masalahnya. Misalnya, Anda ingin menghilangkan hiperpigmentasi dengan mengandalkan pencerah kulit yang justru kerap membuat kulit makin tipis dan sensitif.

Tait mengungkapkan, kebanyakan permasalahan kulit justru terjadi karena orang menyepelekan pentingnya kesehatan lapisan kulit paling luar atau disebut skin barrier.

Skin Barrier yang sehat menjadi pangkal kulit yang segar. Untuk menjaga skin barrier ini maka pilihlah produk yang melembabkan kulit dan menutrisi, contohnya mengandung hyaluronic acid dan ceramid.

 

4. Diet Ekstrem

Penurunan berat badan yang drastis akan berimbas pula pada wajah. Tait berpendapat jika hilangnya bobot tubuh secara drastis akan memberi efek jauh lebih tua pada wajah, ketimbang keriput. Hal ini terjadi karena umumnya pipi akan menjadi jauh lebih tirus dan kulit wajah mengendur.

Efek itu akan semakin tampak jelas pada orang usia 45 tahun ke atas. Sebab itu Tait menyarankan untuk berhati-hati dalam berdiet.

 

5. Petaka Alkohol

Anda mungkin sudah sering mendengar dampak buruk alkohol pada kesehatan. Maka efeknya pun setali tiga uang pada kesegaran wajah.

Hal itu terjadi karena kandungan dalam minuman beralkohol berefek dehidrasi pada organ tubuh. Alkohol juga buruk pada kandungan vitamin A dalam tubuh, yang sangat penting pada pembentukan kolagen dan elastin. Itu sebabnya kulit akan lebih cepat berkeriput. Maka jika Anda ingin awet muda, sudah tentu harus mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi alkohol.

 

6. Sepelekan Jam Tidur

Jika semua hal di atas sudah Anda hindari namun wajah tetap terlihat tidak segar dan cenderung tampak tua, bisa jadi jawabannya adalah karena kurang tidur. Saat kurang tidur, tubuh akan memproduksi terlalu banyak kortisol yang pada akhirnya mempercepat penuaan.

Namun Tait juga mengingatkan jika tidur bukan semata 8 jam, melainkan waktu tidur juga harus diperhatikan. Jika Anda kerap baru tidur dini hari maka waktu tidur 8 jam tetap tidak akan menghasilkan wajah cerah. Sebab, proses regenerasi sel kulit berjalan pada tiga hingga empat jam sebelum pukul 1 dini hari. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat