visitaaponce.com

4 Masalah Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

4 Masalah Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya
Masalah kulit wajah seringkali mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang.(Freepik)

MASALAH kulit pada wajah merupakan hal umum yang dialami banyak orang. Faktanya, beberapa masalah kulit ini mungkin bersifat sementara atau permanen.

Selain itu, permasalahan kulit wajah juga dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Karena, gejala masalah kulit wajah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kemerahan, bengkak, dan gatal. 

Berikut masalah kulit wajah yang umum terjadi dan cara mengatasinya menurut Dr. Dian Pratiwi, SpDVE, FINSDV, FAADV, spesialis dermatologist.

Baca juga : Teknologi Filler Generasi Baru Bantu Atasi Penuaan Kulit

1. Kulit kusam

Kulit kusam bisa disebabkan berbagai faktor, antara lain polusi udara, sinar matahari, kelelahan, dan kekurangan nutrisi. Untuk mencegah kulit kusam, penting untuk menjaga kebersihan kulit dengan mencuci muka secara rutin dua kali sehari. 

Selain itu, pola makan juga harus tetap diperhatikan dan sertakan makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Penggunaaj pelembab dan tabir surya juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi dari sinar UV.

2. Pori-pori besar

Pori-pori besar dapat membuat kulit terlihat tidak rata dan kasar. Pori-pori yang membesar biasanya disebabkan oleh produksi sebum berlebih, penumpukan kotoran, dan kurangnya perawatan kulit.

Baca juga : Treatment Mudah di Rumah dengan Implora Essential Sheet Mask

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mencuci muka secara rutin menggunakan pembersih wajah yang sesuai. Gunakan juga toner untuk mengencangkan pori-pori dan hindari penggunaan produk yang dapat menyumbat pori-pori, seperti kosmetik yang memiliki kandungan minyak.

3. Komedo

Komedo yang dikenal juga dengan sebutan blackheads atau whiteheads merupakan masalah kulit yang sering terjadi pada area wajah, terutama pada hidung dan dagu. Komedo terbentuk ketika minyak dan sel kulit mati menumpuk di pori-pori.

Untuk mengatasi komedo, cuci muka secara rutin dengan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau glikolat. Hal ini akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan menghilangkan komedo.

Baca juga : Dorong Kebahagiaan dan Transformasi Positif, Oriflame Kampanyekan Reach Your Happy Place

Selain itu, hindari mengeluarkan komedo secara paksa karena dapat menyebabkan iritasi atau peradangan pada kulit.

4. Breakout

Breakout atau jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi di kalangan remaja dan dewasa. Jerawat umumnya disebabkan oleh peradangan pada folikel rambut akibat produksi sebum berlebih dan pertumbuhan bakteri.

Untuk mengatasi jerawat, penting untuk membersihkan wajah secara rutin, gunakan produk berbahan salicylic acid, benzoyl peroxide, dan pyrithione zinc atau obat totol jerawat. Penting juga untuk menghindari makanan berlemak, dan mengonsumsi makanan yang sehat. Jika breakoutnya parah, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Berbicara tentang wajah, masker juga berperan penting dalam perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini juga ditegaskan Dian yang mengatakan masyarakat Indonesia masih merasa memakai masker merupakan hal yang membutuhkan usaha lebih, sehingga banyak orang yang memilih memakai masker sebagai bagian dari ritual perawatan wajahnya.

Melihat hal itu, Kino Indonesia menghadirkan Ovale Real Clay Mask yang terbuat dari bahan alami dengan kandungan ceramide 3 kali. Head of Marketing Kino Indonesia Lidwina Natalia menyebutkan Ovale Real Clay Mask merupakan masker yang dapat membersihkan wajah secara menyeluruh hanya dengan satu produk. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat