visitaaponce.com

Penderita Penyakit Jantung Juga Butuh Olahraga

Penderita Penyakit Jantung Juga Butuh Olahraga
Ilustrasi(freepik.com)

KERAP kita temui, orang yang tiba-tiba meninggal padahal mulanya terlihat sehat. Banyak di antaranya terkena serangan jantung
Orang dengan penyakit jantung memiliki sensitivitas yang lebih bila melakukan aktivitas, terutama yang membutuhkan tenaga ekstra. Namun, penderita jantung juga bisa melakukan aktivitas olahraga bila dilakukan secara teratur dan bisa bermanfaat bagi tubuh.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Bayushi Eka Putra menjelaskan manfaat olahraga bagi penderita jantung bisa membuat jantung lebih kuat dan kerjanya lebih efisien atau melatih jantung untuk memompa darah.

"Jantung akan bekerja lebih efisien, seperti mesin mobil yang dirawat dengan baik. Jadi, jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah. Istilahnya sudah terbiasa diberikan beban lewat olahraga sehingga aktivitas biasa terasa lebih ringan," kata dr Bayu saat dihubungi, Senin (2/10).

Baca juga : 7 Tips Berolahraga Aman Bagi Penderita Penyakit Jantung

Ia menyarankan olahraga yang tepat seperti berjalan kaki karena itu ialah olahraga aerobik yang baik dengan risiko rendah. Kemudian renang yang memberikan latihan kardiovaskular tanpa memberi tekanan pada sendi.

"Renang cocok terutama untuk pasien-pasien yang sudah berusia lanjut dan sudah mengalami gangguan gerak. Ada juga bersepeda di alam terbuka bisa menjadi pilihan yang baik dan terakhir, yakni latihan beban ringan dapat dilakukan, tetapi dengan beban ringan sekitar 0,5-2 kg saja dan repetisi yang lebih banyak," ujar dia.

Sementara itu, olahraga yang harus dihindari ialah angkat berat maksimal atau mengangkat beban yang sangat berat bisa meningkatkan tekanan darah secara mendadak contoh bench press berisiko mengakibatkan gagal jantung mendadak.

Baca juga : Ini Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Sakit Jantung

Olahraga kontak berat seperti olahraga seperti tinju atau sepak bola yang berisiko cedera juga harus dihindari. Kemudian olahraga ekstrem, seperti paralayang, menyelam, atau olahraga yang membutuhkan tekanan fisik atau psikologis ekstrem.

Selanjutnya olahraga yang harus dihindari penderita jantung, yakni high-intensity interval training (HIIT) meskipun efektif, bisa jadi terlalu membebani jantung pada pasien dengan kondisi tertentu, contohnya pada pasien dengan gagal jantung atau pasien dengan sumbatan pembuluh darah koroner.

Konsultasi

Bayu mengimbau kepada masyarakat dengan penyakit jantung yang ingin berolahraga agar konsultasi dengan dokter atau spesialis jantung sebelum memulai atau mengubah rutinitas olahraga.

Baca juga : Coba Empat Olahraga Ini Untuk Kesehatan Jantung

Ketika berolahraga, jangan memaksakan, bila ada gejala sebaiknya dihentikan dan konsultasi ke dokter secepatnya.

Kemudian pasien jantung juga perlu mengenali batas tubuh, jangan mengabaikan tanda-tanda seperti kelelahan, nyeri dada, atau sesak napas. Itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh perlu beristirahat atau menyesuaikan rutinitas olahraga.

Pemantauan bisa menggunakan alat pemantauan kesehatan jika perlu, seperti monitor detak jantung, untuk membantu mengetahui kapan harus berhenti atau melanjutkan olahraga.

Olahraga tersebut juga perlu diimbangi dengan istirahat yang cukup. Selalu luangkan waktu untuk pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya. Pemanasan dan pendinginan terutama bermanfaat untuk mengurangi beban pada jantung pada saat berolahraga, bermakna untuk mengurangi risiko gangguan irama jantung dan mempersiapkan serta merilekskan kerja otot jantung setelah berolahraga.

"Hidrasi yang baik, minum air yang cukup sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh," pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat