visitaaponce.com

Ini Ragam Manfaat Salmon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini Ragam Manfaat Salmon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Seorang chef memotong salmon(MI/Meilani Teniwut)

SALMON menrupakan jenis ikan yang dikenal dengan dagingnya yang lezat dan kaya akan nutrisi. Ikan salmon hidup di perairan air tawar dan air asin di seluruh dunia, terutama di Samudra Atlantik dan Pasifik. 

Ikan ini memiliki warna daging yang khas, mulai dari oranye hingga merah muda, tergantung pada jenisnya. 

Salmon sering dianggap sebagai salah satu superfood karena kandungan nutrisinya yang tinggi, terutama asam lemak omega-3, protein, dan vitamin D. 

Baca juga : Nutrisinya Lebih Banyak dari Salmon, ini Manfaat Makan Ikan Lele untuk Kesehatan

Konsumsi salmon secara teratur dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan hingga kecantikan loh. Lantas apa saja manfaat mengonsmusi salmon.

Manfaat salmon untuk kesehatan

Melansir dari beberapa sumber disebutkan bahwa salmon dan beberapa mineral penting seperti kalium, selenium, dan vitamin B-12 hingga  asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial alami seperti eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA) dianggap paling menyehatkan. Berikut ini adalah ragam manfaat salmon untuk kesehatan:

1. Menyehatkan jantung

Baca juga : Mengenal Ikan Sidat, Sumber Protein yang Lebih Baik dari Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung. Jenis asam lemak tak jenuh ini berperan dalam mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menjaga kesehatan pembuluh darah, dan mendukung fungsi jantung yang optimal. 

Peradangan yang tidak terkendali dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi risiko stroke dan gagal jantung.

2. Meningkatkan daya ingat

Baca juga : Catat! Ini 7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Perempuan agar Cepat Hamil

Apakah Anda sering mengalami masalah lupa dan sulit berkonsentrasi? Cobalah solusinya dengan menambahkan ikan salmon ke dalam pola makan Anda. 

Kandungan nutrisi yang melimpah pada ikan salmon sangat menguntungkan bagi kesehatan otak. Tingginya kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon tidak hanya membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, tetapi juga dapat mengurangi risiko terjadinya demensia dan penurunan fungsi mental.

3. Mencerdaskan otak

Baca juga : Sering Mengonsumsi Makanan Olahan Bisa Mempercepat Menstruasi

Konsumsi ikan salmon juga sangat menguntungkan bagi anak-anak karena kandungan asam lemak omega-3 EFA di dalamnya dapat mendukung perkembangan otak mereka. 

Selain itu, tidak hanya anak-anak, orang dewasa yang mengalami gangguan pemusatan perhatian (ADHD) juga disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon karena asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi gejala gangguan tersebut.

4. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu nutrisi penting bagi kesehatan tulang adalah vitamin D. Tradisionalnya, orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari atau dengan mengonsumsi suplemen. 

Perlu diketahui bahwa ikan salmon juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin D. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan salmon dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan tulang.

5. Mengurangi depresi

Asam lemak omega-3 memiliki beragam manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaat lain yang dimiliki oleh kandungan ini dalam ikan salmon adalah kemampuannya untuk mengurangi depresi. 

Namun, manfaat ini biasanya terasa ketika ikan salmon dikonsumsi bersamaan dengan obat antidepresan yang diresepkan oleh dokter. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi ikan salmon selama kehamilan memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami depresi pascamelahirkan.

Manfaat salmon untuk kecantikan

Salmon, selain dikenal sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan, juga memberikan dampak positif bagi kecantikan kulit dan rambut. Berikut adalah beberapa manfaat salmon untuk kecantikan yang patut untuk diperhatikan:

1. Baik untuk kulit dan rambut

Kandungan omega-3 dalam salmon adalah salah satu kunci utama yang membantu menjaga kecerahan kulit dan kelembapan rambut. 

Omega-3 bekerja untuk menjaga integritas kulit dan memberikan nutrisi penting untuk folikel rambut, yang pada gilirannya menghasilkan rambut yang sehat dan bersinar.

2. Mengurangi berat badan

Salmon merupakan sumber protein yang kaya, yang tidak hanya membantu membangun massa otot, tetapi juga membantu dalam proses penurunan berat badan yang sehat. Protein membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

3. Melindungi kulit dari penuaan

Antioksidan dan astaksantin dalam salmon bekerja untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Ini membantu menjaga kekencangan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

4. Mengurangi risiko kanker kulit

Vitamin D yang terkandung dalam salmon telah terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. Vitamin D berperan penting dalam memelihara kesehatan sel-sel kulit dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

5. Mengatasi peradangan kulit

Omega-3 dalam salmon memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan risiko kambuhnya penyakit kulit seperti psoriasis. Ini membuat kulit terasa lebih nyaman dan meredakan iritasi.

6. Mencegah jerawat 

Kandungan vitamin D dalam salmon memiliki sifat antimikroba yang membantu membersihkan pori-pori dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat antiinflamasi vitamin D juga membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang terkait dengan jerawat.

7. Mempercepat penyembuhan luka

DNA salmon memiliki kemampuan untuk meningkatkan pembentukan pembuluh darah dan aliran darah ke kulit. Hal ini mempercepat proses penyembuhan luka dengan menyediakan nutrisi penting dan oksigen ke area yang terluka, sehingga mempercepat regenerasi kulit.

Dengan manfaat yang luar biasa ini, tidak mengherankan jika salmon sering direkomendasikan sebagai salah satu makanan yang harus dimasukkan ke dalam diet sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut.

Nah itu dia ragam manfaat salmon buat Kesehatan dan kecantikan. Namun perlu diingat bahwa salmon sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari karena mengandung kadar merkuri yang rendah dan polutan yang sedang. Alangkah baiknya Anda membatasi konsumsi ikan salmon tidak lebih dari empat minggu.

Untuk ibu hamil, disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan salmon lebih dari dua porsi per minggu guna menghindari akumulasi kadar merkuri yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Beberapa tips penting untuk meminimalkan risiko yang terkait dengan konsumsi ikan salmon adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah salmon segar yang disimpan pada suhu yang tepat, yaitu di bawah 4°C, untuk memastikan keamanannya.
  • Buanglah salmon yang memiliki aroma yang sangat tajam atau terlalu amis, karena hal ini bisa menjadi indikasi bahwa salmon tersebut sudah tidak segar.
  • Pastikan untuk mencairkan salmon yang beku dengan benar sebelum mengolahnya, hal ini bertujuan untuk mengurangi peluang tumbuhnya bakteri berbahaya.
  • Gabungkan konsumsi salmon dengan variasi menu makanan lainnya agar dapat memperoleh manfaat kesehatan yang lebih beragam dan seimbang. (Z-1)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat