visitaaponce.com

Kadinkes DKI Kapasitas Isolasi Covid-19 Bisa Ditingkatkan Hingga 3x Lipat

Kadinkes DKI: Kapasitas Isolasi Covid-19 Bisa Ditingkatkan Hingga 3x Lipat
Ilustrasi ruang isolasi pasien positif covid-19(ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan saat ini kapasitas tempat tidur isolasi RS rujukan covid-19 Jakarta adalah 3.922 tempat tidur. Sementara untuk kapasitas tempat tidur ICU covid-19 adalah 611 tempat tidur.

Tingkat keterisian tempat tidur isolasi saat ini adalah 45% atau telah terisi 1.756 tempat tidur. Menurutnya, kapasitas yang ada saat ini bukan lah angka maksimal dan masih bisa ditingkatkan hingga tiga kali lipat.

"Keterisiannya dari 3.900 terisi 45%, spare-nya masih lebar. Kemudian itu belum kapsitas maksimal, karena kapasitas maksimal itu bisa sampai 11 ribu lebih seperti yang tahun lalu," kata Widyastuti di Balai Kota, Kamis (27/1).

Baca juga: Pemkot Jaktim Siapkan Ruang Isolasi Tambahan Bagi Pasien OTG

Dari data RS rujukan yang masuk ke Dinkes DKI, terdapat 39% pasien rawat isolasi saat ini yang bergejala ringan. Di sisi lain, ia pun meminta kepada masyarakat yang terinfeksi covid-19 jika tak memiliki gejala bisa diisolasi di rumah saja. Hal itu juga hanya dapat dilakukan apabila rumah pasien tersebut memungkinkan dan layak menjadi lokasi isolasi mandiri.

"Jadi sesuai dengan regulasi dari kemenkes bahwa yang asimtomatis dan gejala ringan sebaiknya tidak ke RS. Nah, ini ternyata masih ada yang ke RS. Nah, memang dulunya ada regulasi Kemenkes yang probable dan confirm itu dirawat, tetapi sudah ada edaran terbaru bahwa yang dirawat adalah yang sedang hingga kritis," jelasnya.

Untuk warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah, Dinkes DKI sudah menyiapkan telemedicine guna membantu mengawasi kesehatan warga.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat