visitaaponce.com

Kasus Covid-19 Terus Naik, Epidemiolog Bukan Karena Hari Raya

Kasus Covid-19 Terus Naik, Epidemiolog: Bukan Karena Hari Raya
Ilustrasi virus korona penyebab covid-19.(CDC)

KEPALA Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr. Masdalina Pane menilai kenaikan kasus covid-19 tidak ada hubungannya dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau peningkatan arus mudik hingga 123 juta orang.

"Tidak ada hubungannya hari raya dengan kenaikan kasus ini. Kasus sudah naik bahkan sebelum libur hari raya," kata Masdalina saat dihubungi, Minggu (30/4).

Berdasarkan laporan dari Satgas Covid-19 kenaikan kasus konfirmasi per 30 April 2023 mencapai 1.575 kasus dan angka kematian mencapai 12 kasus. Menurutnya longgarnya protokol kesehatan menjadi salah satu pemicu meningkatnya kasus.

Baca juga : Dishub Depok Sebar 300 Personel untuk Amankan Angkutan Lebaran

"Kenaikan kasus besar kemungkinan akan berlangsung antara 6-8 minggu. Semakin cepat menyebar semakin singkat waktu kenaikan kasusnya. Penularan antara 1-14 hari, puncak kasus diperkirakan 6-8 minggu ke depan," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan meski angka konfirmasi covid-19 meningkat belakangan ini namun angkanya masih di bawah standar World Health Organization (WHO) yakni 5 persen.

"Kita masih di bawah angka standar WHO jadi walau peningkatan kasus ada BOR dan fatalitas masih sangat rendah. Artinya banyak yang positif tapi gejala ringan dan dapat sembuh dengan durasi sakit yang pendek," kata Nadia.

Baca juga : Jalur Selatan via Cianjur Mulai Ramai Pemudik

Meski begitu ia mengimbau kepada masyarakat agar melakukan vaksinasi booster kedua sebelum melakukan perjalanan mudik. Imbauan tersebut untuk melindungi diri sendiri maupun keluarga di kampung halaman. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat