visitaaponce.com

Mulai Hari Ini Pemprov DKI Data Balita Stunting

Mulai Hari Ini Pemprov DKI Data Balita Stunting
Ilustrasi pelayanan posyandu sebagai salah satu upaya mencegah stunting.(Antara/Yulius Satria Wijaya)

PEMPROV DKI Jakarta mulai melakukan pendataan balita stunting hari ini. Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan hari ini 'kick off' pendataan anak rawan stunting dilakukan bersama Kementerian Kesehatan. Hal ini disampaikan di sela tinjauannya ke kawasan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Bukan hanya Dinas Kesehatan, seluruh unsur SKPD dan UKPD juga dinas terkait seperti Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP), lurah, dan camat juga diterjunkan untuk pendataan ini.

"Hasil pertemuan dengan Pak Menkes kemarin, hari ini dikoordinatori Pak Aspem (Asisten Sekda Bidang Pemerintah), semua wali kota mulai lurahnya dan kepala Dinas PPAPP, Dinkes, hari ini turun untuk mengambil data-data yang konon stunting begitu," ujarnya saat ditanya awak media, Kamis (2/2).

Kepala Sekretariat Presiden itu menegaskan, berbagai upaya sudah dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi stunting. Salah satunya adalah dengan mengawasi anak-anak yang rawan stunting atau disebut 'stunted'.

"Teman-teman media harus tahu namanya 'stunted' dan 'stunting'. Kalau 'stunted' itu adalah kotak yang dia kita awasi. Itu belum tentu 'stunting'. Ketika kita awasi, dia masuk ke 'stunting', baru kita obati, kita intervensi," tuturnya.

Dinas Kesehatan DKI juga terjun mengawasi 140 ribu ibu hamil yang terdata. Sebab, balita 'stunting' juga disebabkan ibu yang kurang tercukupi gizinya saat mengandung.

"Juga mengimbau kepada 140 ribu ibu hamil, yang hari ini terdata di Dinkes, untuk segera ke puskesmas, kita cek. Kalau dia kurang gizi, anemia, kita intervensi sehingga lebih mudah ketika ibu hamil. Sekarang berjalan semua di seluruh kota," terangnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat