visitaaponce.com

Polda Metro Belum Bahas Penambahan Titik Ganjil Genap

Polda Metro Belum Bahas Penambahan Titik Ganjil Genap
Pengumuman tentang peraturan ganjil genap di DKI Jakarta(MI/Saskia Anindya Putri )

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya belum membahas mengenai penambahan titik ganjil genap di wilayah DKI Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebut sejauh ini masih ada 26 titik ganjil genap di DKI Jakarta. Ia mengatakan belum ada pembahasan mengenai penambahan atau perluasan titik ganjil genap.

"Iya belum. Kita kalau ada penambahan pasti akan kita bahas dan selanjutnya kita sosialisasikan dulu," kata Latif ketika dihubungi, Senin (20/2).

Terpisah, ahli tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menilai titik ganjil genap perlu diperluas agar membatasi pergerakan kendaraan pribadi di jalanan.

Ia menilai ganjil genap juga perlu diterapkan untuk semua kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat dan roda dua. Sehingga, dapat mengurangi kepadatan kendaraan dan kemacetan yang terjadi di Jakarta beberapa hari terakhir.

"Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerapkan kebijakan pembatasan kendaraan pribadi dalam beraktivitas harian dengan memperluas ganjil genap ke seluruh wilayah Jabodetabek dan diberlakukan juga untuk sepeda motor," katanya.

Senada, Pengamat Transportasi Universitas Indonesia, Alvinsyah menilai perluasan kawasan ganjil genap merupakan salah satu upaya jangka pendek dalam mengurangi kemacetan di Jakarta. Namun, ia memberi catatan perluasan kawasan ganjil genap dibarengi dengan peningkatan layanan transportasi umum.

"Perluas kawasan ganjil genap dan pembatasan lalu lintas lainnya yang dibarengi perluasan dan peningkatan kapasitas layanan TransJakarta," ujarnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat