visitaaponce.com

Polisi Sebut Dua Jambret yang Beraksi di CFD Sudirman Profesional, Sudah 3 Kali Beraksi

Polisi Sebut Dua Jambret yang Beraksi di CFD Sudirman Profesional, Sudah 3 Kali Beraksi
Pelaku penjambretan di CFD Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2024).(Dok. Antara/Ho-Instagram @asnanfoto)

POLDA Metro Jaya berhasil menangkap dua jambret berinisial U dan MR, yang sempat viral melakukan penjambretan di car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Polisi menyebut kedua pelaku sudah berulang kali beraksi.

"Sindikat pelaku pencurian atau jambret daerah Jakarta ini mengaku tiga kali melakukannya ya di Kwitang, Tanah Abang, yang terakhir di CFD Sudirman," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa (2/7).

Diketahui, kedua pelaku adalah penganggur. Mereka merupakan sindikat profesional penjambretan yang sudah berulang kali beraksi.

Baca juga : Tim Gabungan Polres Jakpus Buru Jambret Bermotor di Area CFD

"Mereka memang profesional, faktanya sudah ditemukan 3 kali. Penyidik masih terus mendalami, penyidik tidak mudah percaya begitu saja, silahkan masyarakat apabila pernah menjadi korban juga melapor, Subdit Resmob juga berkomunikasi dengan Polres Metro Jakpus, Jaksel, yang sejenis," ujarnya.

Pihak kepolisian masih melakukan serangkaian pendalaman terkait kasus tersebut. Termasuk mencari tahu dugaan adanya penadah barang hasil curian.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku disangkakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dan diancam kurungan di atas 5 tahun.

Baca juga : Usai Diperiksa Bawaslu, Gibran Bersikeras Tak Melanggar Kampanye di Kawasan CFD

"Sudah diamankan, masih didalami oleh penyidik, sindikat penadahnya juga diproses tuntas. Imbauan satu lagi, jadi masyarakat tolong jangan beli barang-barang dari hasil kejahatan," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, dua jambret beraksi saat CFD yang digelar di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, pada Minggu (16/6). Mereka beraksi dengan menyasar ponsel milik warga yang sedang berolahraga.

Momen ketika jambret itu beraksi berhasil diabadikan oleh seorang juru potret yang ada di sekitar lokasi. Wajah dua pelaku serta pelat nomor yang dipakai terlihat jelas dan tersebar di media sosial.

Pelaku yang mengendarai sepeda motor menggunakan jaket warna hijau dan helm hitam. Sementara itu, pelaku yang dibonceng mengenakan jaket warna merah tanpa helm.
(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat