visitaaponce.com

Disnaker DKI Gelar Pelatihan Kerja Bagi Lulusan SMK

Disnaker DKI Gelar Pelatihan Kerja Bagi Lulusan SMK
Sejumlah peserta mempraktikkan cara membuat kerajinan berbahan dasar dari tumbuhan purun (rumput gambut)(ANTARA FOTO/Makna Zaezar/YU)

DINAS Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans dan Energi) DKI Jakarta menggelar pelatihan kerja khusus bagi lulusan SMK. Hal ini dilakukan merespons minimnya serapan tenaga kerja lulusan SMK.

“Ini data dari tahun ke tahun, lulusan SMK minim terserap dibandingkan SMA maupun sarjana," ungkap Kepala Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah saat dihubungi, Sabtu (11/3).

Ia mengatakan selama ini, letak permasalahannya ada pada alat pelatihan kerja di sekolah yang kurang mumpuni dan tidak mengikuti perkembangan zaman serta kebutuhan perusahaan. Oleh sebab itu, ketika lulusan SMK diserap oleh dunia kerja, tenaga kerja yang ada tidak sesuai kebutuhan.

Baca juga : Menaker Ida Fauziyah Apresiasi Pembangunan SMK Asy-Syarif Mitra Industri di Mojokerto

“Oleh sebab itu, kita berikan pelatihan yang sudah upgrade dengan alat keterampilan. Kemudian kita juga adakan pelatihan secara online serta offline. Agar perusahaan tahu kita sudah melakukan pelatihan. Nanti dengan sendirinya mereka kan jadi sudah tergambarkan bahwa lulusan balai latihan kerja kita sudah 'skillfull'," jelasnya.

Dalam melakukan pelatihan lulusan SMK ini, pihaknya bekerja sama dengan berbagai perusahaan agar keterampilan dan keahlian yang diberikan lebih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

"Selain itu, kita juga mengadakan jobfair bagi lulusan SMK," imbuhnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat