visitaaponce.com

Ini Antisipasi KCI Hadapi Kepadatan Stasiun Manggarai

Ini Antisipasi KCI Hadapi Kepadatan Stasiun Manggarai
Kondisi kepadatan penumpang yang akan berpindah peron di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (26/4/2023).(MI/Susanto)

STASIUN Manggarai akan semakin padat dengan potensi peningkatan penumpang KRL Jabodetabek yang akan mencapai 1 juta orang per hari pada tahun ini.

Guna mengakomodasi potensi peningkatan penumpang tersebut, PT KCI pun melakukan peningkatan jumlah perjalanan menjadi 1.133 perjalanan dengan 98 trainset yang dimulai pada 1 Juni mendatang.

"Dengan meningkatkan perjalanan penumpang, kami berupaya mengurangi kepadatan penumpang di stasiun-stasiun, khususnya Manggarai. Dengan demikian, flow keterangkutan penumpang meningkat," jelas VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam konferensi pers, Senin (29/5) di kantor pusat KCI, Stasiun Juanda.

Baca juga: Gapeka Baru Aktif Bulan Depan, KRL Relasi Cikarang Makin Ngebut

Selain itu, PT KCI juga menyediakan KRL feeder yang dapat dioperasikan bilamana dibutuhkan setiap adanya kepadatan penumpang di stasiun-stasiun transit, terutama Stasiun Manggarai. Sebab, dalam sehari, ada 150 ribu hingga 200 ribu penumpang transit di Stasiun Manggarai.

"Pada pagi hari ada 13 perjalanan feeder dan sore hari ada 17 penambahan kereta feeder dari depo Bukit Duri," ujarnya.

Dari sisi infrastruktur, PT KCI juga berharap penyelesaian pengerjaan peron 3 dan peron 4 Stasiun Manggarai bisa selesai tepat waktu yakni Juli mendatang.

Baca juga: Erick Thohir Tunggu Kajian PT KCI dan Inka Soal Impor Kereta Bekas

Rencananya, peron 3 dan peron 4 Stasiun Manggarai akan didedikasikan untuk KRL rute Cikarang menuju Tanah Abang. Sementara peron 6 dan peron 7 diperuntukkan bagi rute Tanah Abang menuju Cikarang. Peron 12 dan Peron 13 yang terletak di jalur atas akan dikhususkan bagi line Bogor.

"Nantinya dengan itu, area transit di Manggarai akan lebih luas," imbuhnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat