visitaaponce.com

32 Ribu Penumpang Kereta Api Berangkat Dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir

32 Ribu Penumpang Kereta Api Berangkat Dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir
Sebanyak 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir. (PT KAI Daop 1)

SEBANYAK 32 ribu penumpang kereta berangkat menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ). Di mana 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir

PT KAI Daop 1 mengungkapkan berdasarkan pemesanan tiket periode keberangkatan 31 Mei - 4 Juni, terjadi lonjakan hingga 99 ribu tiket. Jumlah itu meningkat dua kali lipat dibandingkan hari biasanya. 

"Volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan. Sekitar 99 ribu tiket dipesan untuk periode keberangkatan 31 Mei s.d 4 Juni 2023," kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam siaran pers, Kamis (1/6).

Baca juga: KAI akan Tambah Kereta Panoramic dan Luxury

Eva pun kembali menghimbau bagi para penumpang untuk memperhatikan jadwal keberangkatan. Pasalnya mulai hari ini Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia. 

Adapun Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. 

Baca juga: Awas Perubahan Jadwal, Penumpang Kereta Api Teliti Waktu Keberangkatan

"KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada seluruh Pelanggan KA yang sudah membeli tiket untuk keberangkatan pada tanggal 1 Juni dan setelahnya agar memeriksa kembali jadwal keberangkatannya sehingga tidak tertinggal ataupun salah naik KA," ujar Eva.

Eva mencontohkan KA Gumarang relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi yang semula berangkat pukul 15.50 WIB, berubah menjadi pukul 20.45.

Eva menyarankan para calon penumpang untuk tiba satu jam sebelum jadwal keberangkatan. "Diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah resiko salah satu nya terlambat boarding atau tertinggal KA." (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat