visitaaponce.com

Satu Juta Warga Jakarta Terlilit Pinjol, Total Hutang Capai Rp10,35 Triliun

Satu Juta Warga Jakarta Terlilit Pinjol, Total Hutang Capai Rp10,35 Triliun
Jutaan warga Jakarta terjerat pinjol(OJK)

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Suhud Alynudin mendorong Pemprov DKI Jakarta fokus membahas persoalan hutang pinjaman online warga Jakarta yang mencapai Rp10,35 Triliun.

Ia menjelakan, angka fantastis tersebut hampir setengah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah.

"Angka ini lebih besar dari APBD Yogyakarta hampir setengah Apbd Jawa Tengah," ujarnya saat rapat Komisi B bersama jajaran SKPD Pemprov DKI Jakarta, Gedung DPRD, Rabu (12/7).

Baca juga: Terlilit Utang Pinjol, Menantu di Tasikmalaya Curi Brankas Berisi Rp1,5 M Milik Mertua

Lebih lanjut, Suhud menerangkan angka tersebut terkamulasi dari 2,38 juta akun pinjaman online. Menurutnya, terlepas niat warga melakukan pinjol untuk kebutuhan atau gaya hidup, tetap warga DKI terlilit rentenir.

Ia mencontohkan, dari total jumlah akun jika dibagi satu orang memiliki dua akun, sebanyak kurang lebih 1 juta warga memiliki hutang kepada pinjol.

Baca juga: Jeratan Pinjol Hantui Masyarakat

"Kalau kita rata rata misalnya 1 orang punya 2 akun saja, itu sudah 1 juta orang warga Jakarta yang terjerat rentenir kira -kira," terang politisi PKS itu.

"Menurut saya ini tidak bisa dianggap enteng, memang 2 juta akun tapi misal lah 1 juta orang, dan satu juta ini terjerat rentenir itu yaa negara Pemprov harus hadir untuk mengatasi dan mencari jalan keluar terhadap persoalan itu," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat