visitaaponce.com

Pemprov DKI Sebutkan Rusunawa Bagi Warga Kolong Tol Angke Siap Dihuni

Pemprov DKI Sebutkan Rusunawa Bagi Warga Kolong Tol Angke Siap Dihuni
Siluet seorang ibu bermain bersama anaknya di Rumah Susun Sewa Pulogebang, Jakarta Timur(Antara)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjelaskan, rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk warga di kolong Tol Angke, Jakarta Barat, sudah siap digunakan. Pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Retno Sulistiyaningrum, menambahkan, Rusunawa yang disiapkan dapat dihuni kapan pun oleh warga.

"Pada prinsipnya untuk rusunnya siap, kapan saja mau mulai dihuni," ujar Retno saat dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis (13/7).

Kendati demikian, ujar Retno, belum dapat berkomentar lebih jauh soal persiapan maupun waktu pelaksanaan relokasi warga dari kolong Tol Angke. "Hal-hal yang lainnya mohon ditanyakan kepada pihak Wali Kota Jakarta Barat," kata Retno. Untuk diketahui, tambahnya, Pemprov DKI Jakarta bakal menyediakan sebanyak 52 unit Rusunawa untuk memindahkan warga yang tinggal di kolong Tol Angke, Jakarta Barat.

Baca juga : Dinas Perumahan DKI Dinilai Lalai, Rusun Dinikmati Warga Mampu

"Dari pihak Wali Kota Jakarta Barat sudah berkoordinasi ke kami. Kami diminta untuk menyediakan sebanyak 52 unit rusun," ujar Retno dalam rapat dengan anggota DPRD Komisi D, Selasa (11/7).

Baca juga : Kolong Rumah Penuh dengan Sampah, Pemprov DKI Segera Relokasi Warga Kapuk Muara

Permintaan itu disampaikan setelah Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat mendata warga yang bakal ditempatkan di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, dan Rusunawa Tipar Cakung, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Pantas Nainggolan, mendesak pemprov untuk membangun hunian layak bagi warga yang tinggal di kolong tol di wilayah Ibu Kota.

"Sekarang Pemprov DKI harus berorientasi menyediakan rumah layak huni bagi seluruh warga DKI Jakarta. Tidak boleh ada lagi warga Jakarta yang masih tinggal di tempat yang tidak layak dihuni," ujar Pantas, di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/6).

Salah satu permasalahan soal hunian terlihat di kawasan Kolong Tol Angke, Jakarta Barat. Banyak warga disebut mendirikan rumah semi permanen di area tersebut. Dengan demikian, Pemprov DKI Jakarta diminta segera mencari solusi mengatasi masalah itu dengan segera membangun rumah susun. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat