visitaaponce.com

Kasus DBD Sudah Menyebar ke Seluruh Wilayah Jakarta

Kasus DBD Sudah Menyebar ke Seluruh Wilayah Jakarta
Petugas melakukan fogging atau pengasapan di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta.(ANTARA/Aprillio Akbar)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat tidak ada tempat aman untuk penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di DKI Jakarta. Tercatat, semua wilayah masuk kategori waspada dan awas.

Data itu diketahui dari situs iklim.bmkg.go.id. Daerah yang masuk kategori waspada yakni Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat. Sementara itu, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan masuk dalam kategori awas.

Dalam situs tersebut, angka insiden DBD di Jakarta Barat mencapai 12,2. Sementara itu, angka insiden di Jakarta Selatan mencapai 11,2.

Baca juga : Takeda Raih Penghargaan untuk Program Pencegahan DBD di Indonesia

Jakarta Pusat menjadi wilayah terendah dengan angka insiden sebesar 4,5. Jakarta Utara menyusul dengan angka insiden 5,0. Sedangkan, angka insiden di Jakarta Timur sebesar 8,9.

iklim.bmkg.go.id--Peta sebaran kasus DBD di DKI Jakarta

BMKG juga mencatatkan tingkat keyakinan yang tinggi dalam prediksi kesesuaian iklim untuk DBD di seluruh wilayah DKI Jakarta. Jakarta Utara dan Pusat menjadi daerah terendah dengan persentase kelembaban 79% tapi masih masuk kategori merah.

Jakarta Timur menyusul dengan persentase kelembaban sebesar 81%. Lalu, Jakarta Barat mendapatkan tingkat kelembaban sebesar 82%, dan Jakarta Selatan menjadi yang tertinggi dengan persentase 83%.

Data ini merupakan peringatan dini berbasis iklim yang dibuat BMKG bersama dengan Pemprov DKI Jakarta. Acuannya berdasarkan curah hujan dan udara yang memengaruhi perkembangan nyamuk penyebab DBD. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat