visitaaponce.com

Arus Balik Mudik Lebaran, 80 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Arus Balik Mudik Lebaran, 80 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soekarno-Hatta
Calon penumpang mengantre untuk lapor diri di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2024). PT Angkasa Pura(ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

ARUS balik pemudik sudah mulai berdatangan via Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (13/4). Tercatat data sementara, sebanyak 80.548 orang tiba di bandara internasional di Cengkareng hari ini Sabtu (13/4).

Pengamatan Media Indonesia atas suasana di area kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dipadati arus balik para pemudik sejak pagi hari. Mereka yang tiba didominasi keluarga, meliputi orang tua dan anak-anak.

Arus balik mudik sebanyak 46.474 penumpang tiba di Jakarta hari ini.

Baca juga : Cuaca Selama Arus Balik Diprediksi Baik

"Jumlah penumpang berangkat total 69.828 orang, penumpang tiba 80.548 orang, total 150.376 orang," ujar Senior Manager of Branch Communication & Legal PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, Sabtu (13/4).

Bandara Soekarno-Hatta, melayani 999 penerbangan dari tiga terminal yang tersedia. Penerbangan terbagi dalam 502 keberangkatan, dan 497 kedatangan. Di Terminal 3, hari ini melayani 524 penerbangan.

Sementara mengenai puncak arus balik mudik di bandara, diprediksi terjadi pada H+4 dan H+5 Lebaran.

Baca juga : 15.376 Pemudik Tiba di Jakarta Melalui Stasiun Gambir

"Prediksi kami (arus balik) pada tanggal 14 dan 15 April," jelas Holik.

Menjelang puncak arus balik Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta semua pihak kembali berkolaborasi mewujudkan mudik yang berkeselamatan.

Kemudian untuk memaksimalkan pergerakan pesawat, Menhub meminta kepada AirNav Indonesia untuk mengoptimalkan runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta, di mana runway kedua dan ketiga harus dapat landing bersama-sama.

“Apabila semua instrumen dilaksanakan pergerakan pesawat bisa 110 per jam. Sekarang baru 87 dan kita menuju ke sana. Namun, dengan 87 pergerakan per jam pun sudah bisa mengakomodasi sebanyak 1.236 sehari, itu luar biasa," lanjut Menhub dalam keterangannya.(Ssr)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat