visitaaponce.com

Pemerintah Buka 1,28 Juta Lowongan CPNS 2024, Ada Formasi Khusus untuk Penempatan di IKN

Pemerintah Buka 1,28 Juta Lowongan CPNS 2024, Ada Formasi Khusus untuk Penempatan di IKN
Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) mengucap sumpah saat pelantikan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Bogor, Plaza Balaikota Bogor, Jawa(ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-Rebiro) telah menetapkan 1,28 juta formasi untuk rekrutmen calon aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan itu merupakan formasi tahap awal untuk memenuhi kebutuhan 2,3 juta ASN. Meski jumlah formasi telah ditetapkan, verifikasi dan validasi rincian formasi ASN belum selesai.

“Kami harap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang belum merampungkan input di sistem Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat memimpin rapat tematik mengenai rekrutmen CASN di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (30/04).

Baca juga : Puluhan Sopir Kontrak Pemkab Klungkung Bali Keluhkan tidak Masuk Data Base Rekrutmen PPPK

Anas mengatakan, ada sebagian K/L dan Pemda yang belum merampungkan pengisian detail dari formasi yang telah ditetapkan Kementerian PANRB. Dia menyakini itu akan rampung dalam waktu dekat.

Anas menjelaskan, formasi CASN sebanyak 1,28 juta terdiri atas 75 kementerian dan lembaga sebanyak 427.850, serta 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah masuk basis data (database) BKN.

Baca juga : CPNS Pusat Formasi 2024 Difokuskan ke IKN

“Jadi seluruh CASN ini adalah talenta digital yang harus punya basic knowledge terkait digitalisasi. Harapannya CASN yang direkrut nanti bisa melanjutkan digital leadership,” imbuhnya.

Ditempatkan di IKN

Anas menyebutkan, digital bukan hanya tentang teknologi. Namun berkaitan dengan kepemimpinan digital (digital leadership).

Talenta digital yang dimaksud terbagi menjadi dua, yakni talenta digital sebagai pengguna dan sebagai pengelola.

Baca juga : Daftar Formasi CPNS dan PPPK 2024, Cek Syarat dan Cara Daftar

Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan untuk menghadirkan kepemimpinan digital. Ketiganya adalah struktur digital, kompetensi digital, dan digital culture.

Lanjutnya dikatakan, talenta-talenta digital yang direkrut melalui pengadaan CASN nantinya juga akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara atau IKN yang akan menerapkan pola kerja terpadu dengan fleksibilitas waktu dan lokasi mendukung sistem kerja kolaboratif dan agile.

“Karenanya perlu talenta-talenta digital yang siap untuk mendorong akselerasi roda pemerintahan di IKN,” pungkas Anas. (Ind)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat