visitaaponce.com

Nyamuk Wolbachia Akan Disebar di Jakarta Untuk Tekan Angka DBD, ini Lokasinya

Nyamuk Wolbachia Akan Disebar di Jakarta Untuk Tekan Angka DBD, ini Lokasinya
Petugas melakukan pengasapan (fogging) rumah warga untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (16/5)( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

DINAS Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan menyebarkan nyamuk Wolbachia untuk menangani penyebaran kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta. 

"Nyamuk wobalchia yang nanti juga menjadi salah satu upaya untuk mengendalikan angka DBD," ujar Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangannya, Senin (10/6).

"Saat ini belum kita mulai, masih persiapan. Semuanya siap, termasuk masyarakat siap, baru kita akan melepaskan nyamuk (olbachia)," sambungnya.

Baca juga : Sekelompok Warga Bandung Demo Tolak Penyebaran Nyamuk Wolbachia

Ani menjelaskan, pihaknya telah memetakan sebaran wilayah di Jakarta. Kawasan pertama yang rencananya menjadi lokasi penyebaran nyamuk Wolbachia adalah Kecamatan Kembangan di Jakarta Barat.

Dalam kesempatan itu, Ani meminta masyarakat agar turut aktif mencegah kasus DBD di Jakarta. Langkah mudah yang bisa dilakukan masyarakat adalah menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab semua orang, untuk memastikan bahwa lingkungan rumahnya, lingkungan tempat kerjanya, sekolahnya, itu tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aeygepti harus dicek kembali," sebut Ani.

Ia menambahkan, kasus DBD di Jakarta belakangan ini cenderung menurun. Per Mei 2024, kasus DBD di DKI Jakarta mengalami penurunan, jika dibandingan dengan kasus DBD pada bulan sebelumnya.

"Sekarang sudah mulai menurun, terakhir 2.900 (kasus DBD pada) bulan Mei. Salah satu upaya untuk pengendalian DBD selain yang selama ini sudah kita lakukan ada PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dan lain-lain," ucap Ani. (Far/P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat