visitaaponce.com

Korps Bhayangkara Komit Tingkatkan Pelayanan Publik

Korps Bhayangkara Komit Tingkatkan Pelayanan Publik
Personel Satlantas Polres Bogor membantu warga menyebrang di Jalan Raya Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(Antara Foto/Yulius Satria Wijaya)

HASIL survei terkait citra positif lembaga negara terbaru menempatkan Korps Bhayangkara dipuncak sebagai lembaga penegak hukum yang mempunyai citra positif paling dipercaya masyarakat.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, Polri mendapat skor 73.1%. Merespons hal tersebut, Direktur Eksekutif Sara Institute Muhammad Wildan menilai capaian ini merupakan prestasi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurut dia, jika beberapa saat lalu Polri sempat diragukan dan kepercayaan publik terjun bebas, kini kondisi tersebut berhasil dikembalikan. Ini semua berkat kerja keras seluruh elemen kepolisian. "Polri merupakan lembaga negara yang beberapa waktu lalu sempat diragukan dan tidak mendapat kepercayaan publik," kata Wildan, Jumat (21/6).

Baca juga : Viral Permintaan ke Unika Soegijapranata, Polri Klaim Rangkul Komunitas Akademik

Dia menambahkan, hasil survei ini menunjukan Polri di bawah kepemimpinan Listio mampu memulihkan kepercayaan publik. “Survei ini adalah jawaban atas segala keraguan dari masyarakat terkait pemulihan kepercayaan masyarakat kepada Polri.”

Selain itu, terang dia, sikap Kapolri yang tegak lurus pada aturan dan selalu responsif atas segala peristiwa baik di tengah masyarakat ataupun di internal menjadi alasan meningkatnya citra baik instansi tersebut.

Sara Institute, imbuhnya, berkomitmen untuk terus mengawal dan mendukung Polri agar lebih baik lagi. "Kami menyematkan penghargaan kepada Kapolri dengan menyebutnya 'Hoegeng era modern',” katanya.

Baca juga : Kapolri Minta Maaf

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, menuturkan hasil survei tersebut membuktikan bahwa masyarakat semakin percaya terhadap institusi Polri.

Sandi mengatakan, kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat menjadi 73,1% pada Juni 2024. Hasil tersebut lebih meningkat dari survei Litbang Kompas sebelumnya, yakni pada Agustus 2023 sebesar 66% dan Desember 2023 (71,6%).

Kepercayaan publik terhadap Polri meningkat karena transformasi Polri melalui program Presisi (prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan) yang digagas oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurutnya, hasil penilaian masyarakat yang positif terhadap Polri menjadi penyemangat agar kinerja kepolisian semakin baik lagi. "Berbagai indikator yang sudah disusun oleh Litbang Kompas  tentu saja secara komperhensif baik itu mencakup masalah integritas, komitmen pimpinan, demikian juga perubahan yang sudah dilaksanakan oleh Polri dalam meningkatkan kinerja dan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat," pungkasnya. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat