visitaaponce.com

Warga di Sekitar TN Komodo Utamakan Pelestarian Alam

Warga di Sekitar TN Komodo Utamakan Pelestarian Alam
Keindahan Taman Nasional Komodo(MI/John Lewar)

KEBERADAAN Taman Nasional Komodo menyumbang pergerakan ekonomi masyarakat  Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Mulai dari bisnis travel, penginapan, restoran, guide, kapal hingga kerajinan. Pegiat pariwisata Manggarai Barat, Boni Reza mengatakan bahwa keberadaan Taman Nasional Komodo menjadi penggerak utama masyarakat di Manggarai Barat karena wilayahnya menjadi kunjungan wisatawan dunia. Nelayan yang semula hanya melaut kini juga bisa memproduksi souvenir dan menjualnya ke wisatawan. 

"Pariwisata itu multi efek sehingga semua orang bisa merasakan dampaknya. Saat ini begitu banyak pertumbuhan investasi baik hotel berbintang maupun restoran kelas dunia," ujar Boni, Senin (9/11).

Hal serupa juga diungkapkan oleh Camat Komodo, Imran. Menurutnya saat ini pola kehidupan masyarakat di Desa Komodo dan masyarakat di sekitar kawasan taman nasional mulai sadar untuk merawat alam dan habitat. Warga mulai mendapat pelatihan dan bimbingan dari Balai Taman Nasioal Komodo di bidang konservasi.

"Pola pikir masyarakat nelayan di Desa Komodo ini sudah berubah. Mereka mengedepankan pelestarian alam. Jika ada yang ingin merusak seperti berburu atau membakar hutan, masyarakat terlibat langsung untuk memadamkan karena kita sudah dibekali tentang konservasi. Kita berharap semua pihak ikut melestarikan," kata Imran.


Aksan menegaskan keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat sudah mulai diberdayakan dengan mengedepankan pengembangan pariwisata ramah lingkungan sehingga keberlangsungan satwa dilindungi di Taman Nasional Komodo bisa tetap terjaga. (OL-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat