visitaaponce.com

Masjid Ternate dan Burung Bidadari Menangi Disain Logo STQN ke XXV

Masjid Ternate dan Burung Bidadari Menangi Disain Logo STQN ke XXV
Logo STQN XXVI(dok/panitia STQN )


MASJID Kesultanan Ternate atau dikenal dengan Sigi Lamo atau masjid besar dan burung bidadari terpilih menjadi ikon logo Seleksi Tilawatil
Quran Nasional ke XXVI di Maluku Utara pada Oktober.

Logo itu terpilih setelah dewan juri sayembara menetapkan pemenang Sayembara Cipta Logo. Peserta yang memenangkan Sayembara  Cipta Logo STQN 2021 ialah Muchilis Mandati, warga Ternate, Maluku Utara.

Penetapan pemenang sayembara cipta logo STQ ke XXVI itu ditetapkan lewat SK Gubernur Maluku Utara. Ketua dewan juri Makbul AH Din mengatakan pengambilan ikon masjid kesultanan dan burung bidadari
karena sesuai dengan tema STQ. Keduanya mewakili ciri khas daerah dan
di dalamnya ada unsur keislaman.

"Tema kita itu Islam dan budaya lokal, sehingga mesjid kesultanan Ternate diambil sebagai simbol Islam. Sementara burung bidadari yang dalam sejarah hanya ditemukan di Halmahera dan tidak ada di wilayah lain di dunia ini," ungkapnya.

Dalam logo tersebut juga terdapat gambar Al-Qur'an dan tulisan Iqra. Sementara burung bidadari merupakan burung yang mengantarkan informasi pada zaman Nabi Sulaiman, dan burung ini menjadi simbol di Kesultanan Ternate.

Sementara Sekretaris tim juri, Tahmid Abubakar menambahkan logo yang memadukan masjid dan burung sudah dipertimbangkan dan dinilai merupakan logo terbaik. "Yang pasti kami juga menghindari plagiat makanya dalam ketentuan pelaksanaan sayembara tidak boleh ada plagiat sebab ada konsekuensi hukumnya."

Ia yakin pemilihan logo ini adalah keinginan bersama dengan tekad  memajukan negeri dalam segala bidang. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : NUSANTARA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat