visitaaponce.com

Bioskop 4D di Temanggung Difungsikan untuk Kegiatan Literasi

Bioskop 4D di Temanggung Difungsikan untuk Kegiatan Literasi
Bioskop empat dimensi di Temanggung kini digunakan untuk kegiatan literasi warga.(MI/Tosiani)

SETELAH cukup lama mangkrak, bioskop empat dimensi di daerah Kowangan, Temanggung, Jawa Tengah kini difungsikan untuk berbagai kegiatan literasi.

Bangunan, yang kini diberi nama Sasana Bhakti Pustaka tersebut, boleh digunakan masyarakat secara gratis untuk menumbuhkan literasi.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Temanggung Suminar Budi Setiawan, mengungkapkan, semula bioskop empat dimensi dikelola pihak swasta.

Baca juga: Ikadiyata Berwisata Sambil Antar Sembako Bagi Umat Muslim di Sikka

Gedung tersebut memang dibangun swasta di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung. Sayangnya, bioskop empat dimensi kurang mendapat respon dari masyarakat sehingga sempat mangkrak cukup lama.

"Pada 2016, gedung bioskop empat dimensi diserahkan ke Pemda dan sekarang sudah menjadi aset Pemda. Gedung juga sudah direnovasi karena pada saat diserahkan sudah ada kerusakan di beberapa bagian,"terang Suminar, Senin (19/4), di Temanggung.

Ketika Pemda Temanggung mengambil alih bioskop, menurut Suminar, sudah dalam kondisi kosong. Semua peralatan sudah dibawa pihak swasta karena memang milik mereka. Antara lain kursi, arsip, dan proyektor. Proses renovasi gedung berlangsung secara bertahap hingga 2018. Pemda juga telah melengkapi bioskop dengan kursi, proyektor, dan AC.

"Sekarang sudah difungsikan lagi untuk kegiatan perpustakaan dan pegiat literasi. Kami juga menyelenggarakan seleksi video lomba bercerita di bioskop tersebut," ujar Suminar.

Ia mempersilahkan masyarakat dan pegiat literasi untuk menggunakan gedung seluas 400 meter persegi tersebut untuk kegiatan literasi secara gratis. Namun, tentu saja harus atas seizin Pemda dan pengguna bioskop harus menjaga kebersihan gedung. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat