visitaaponce.com

Pelindo 1 Catatkan Penaikkan 10 Arus Petikemas di Triwulan I 2021

Pelindo 1 Catatkan Penaikkan 10% Arus Petikemas di Triwulan I 2021
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara(Humas Pelindo 1)

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), atau Pelindo 1, mencatatkan peningkatan arus petikemas sebesar 10% selama triwulan I tahun 2021 dibandingkan dengan periode yang sama di 2020.

SVP Sekretaris Perusahaan Pelindo 1 Basuki Soleh mengungkapkan, arus petikemas di semua pelabuhan kelolaannya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebanyak 360.646 TEUs sepanjang triwulan I/2021. "Jumlah itu naik 10% dibandingkan dengan triwulan I tahun 2020 yang sebesar 327.742 TEUs," ujarnya, Jumat (28/5).

Peningkatan trafik ini, jelas dia, berasal dari arus petikemas internasional di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) dan Terminal Peti Kemas Pekanbaru. Ketiga terminal itu berkontribusi terhadap 3,65% kenaikan arus, atau sebanyak 141.161 TEUs, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 136.196 TEUs.

Peningkatan juga tercatat dari kunjungan kapal dengan total volume angkutan sebesar 52.162.812 GT. Jumlah itu meningkat 33,37% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 39.111.260 GT.

Menurut Basuki, kenaikan ini berasal dari peningkatan kapal-kapal kargo dan petikemas di pelabuhan umum, terutama di Pelabuhan Belawan. Tak hanya itu. Kenaikan juga didorong peningkatan kunjungan kapal kargo
(curah cair, curah kering dan general cargo) yakni dari Terminal Khusus (Tersus) yang dilayani Pelindo 1 Cabang Dumai, Batam, Tanjung Balai Karimun, Sei Pakning dan Pekanbaru.

"Meskipun kita masih berada di situasi pandemi, tetapi kami optimis akan terus mencatatkan trafik bongkar muat yang terus meningkat," ujarnya.

Untuk itu, Pelindo 1 masih akan menjalankan berbagai strategi bisnis kepelabuhanan yang sudah ditetapkan. Antara lain memperkuat bisnis marine service dan mengembangkan pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri. Kemudian digitalisasi pelabuhan, layanan logistik terintegrasi serta meningkatkan kolaborasi dengan partner strategis. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat