visitaaponce.com

Warga Terban Bergotong Royong Kibarkan Merah Putih Raksasa di Gunung Muria

Warga Terban Bergotong Royong Kibarkan Merah Putih Raksasa di Gunung Muria
Ilustrasi- Sejumlah pelajar pecinta alam di wilayah Kediri mengarak bendera berukuran raksasa saat melintas di jalan raya A.Yani(Ant/Rudi Mulya)

SEMARAKAN hari kemerdekaan Republik Indonesia di 2021 ini, pemerintah Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kibarkan bendera merah putih berukuran besar di atas perbukitan Patiayam Pegunungan Muria,
Rabu (11/8). Momen hari kemerdekaan RI ke 76, pemerintah desa mengajak warga untuk turut serta menjaga kelestarian alam.

Dalam pantauan di lokasi bukit, pemerintah Desa Terban, anggota Babinsa Kodim 0722/Kudus dan sejumlah warga, gotong royong dirikan bendera merah putih berukuran besar. Sejak pagi hingga akhirnya pukul 09.00 WIB bendera merah putih berhasil dikibarkan.

"Kegiatan dari tadi pagi pengibaran bendera merah putih berukuran 3 x 5.5 meter. Sebagai upaya semarakan hari Kemerdekaan RI," kata Kades Supeno, kemarin.

Pihaknya mengaku tak mudah dalam upaya kibarkan bendera merah putih di ketinggian kurang lebih 350 Mdpl. Lokasi menuju bukit menjadi tantangan tersendiri dalam upaya kibarkan merah putih di tempat tertinggi di desanya.

"Karena puncak Cangkraman ini saya anggap piramidnya perbukitan Patiayam, terlihat dari jauh seperti piramid, bisanya dinaiki dari belakang. Karena medanya cukup ekstrem material dan persiapan menjadi semangat tersendiri dalam kibarkan merah putih," ujarnya.

Tak hanya itu, momen hari kemerdekaan RI ke 76 tahun juga melakukan penanaman pohon beragam jenis sebanyak 76 pohon. Serta pelepasan 76 burung beragam jenis di tengah perbukitan Patiayam, sebagai upaya menjaga kelestarian alam.

"Sengaja burungnya berjumlah 76 burung, dengan jenis burung perkutut, derkuku, dan kutilang. Setelah itu baru penanaman pohon bersama warga petani dibantu mahasiswa KKN, menanam pohon tiga jenis mangga, alpukat, sama petai berjumlah 76 juga. Sesuai dengan HUT Kemerdekaan RI ke 76," ungkapnya.

Pelestarian alam dengan penanaman pohon gencar dilakukan sebagai menjaga kondisi alam Perbukitan Patiayam yang rusak. Untuk itu pihaknya mengajak warga dan masyarakat luas turut serta peduli terhadap kelestarian alam demi masa depan.

"Ya harapan saya terkait kehutanan ini supaya hijau. Makanya saya nggak segan segan hampir setiap hari keliling hutan, langkah apa yang nanti saya hijaukan dan kembangkan Desa Wisata Terban," jelasnya.

Sementara Achmad Yusuf Roni, Anggota DPRD Kudus mengapresiasi pemerintah desa bergotong royong dalam kibarkan merah putih hingga puncak gunung, untuk semarakan HUT Kemerdekaan RI. Selain upaya menjaga kelestarian alam juga harus di imbangi agar sektor wisata Desa Terban dapat dikenal.

"Gotong royong kibarkan merah putih warga ini perlu kita apresiasi, bagaimana Patiayam dalam penghijauan. Desa wisata ini kita suport, mengingat sudah lengkap di Desa Terban wisata religi, wisata edukasi ada semua," ujarnya. (OL-13)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat