visitaaponce.com

Peringatan Detik-Detik Proklamasi di TPA Sampah Jabon Sidoarjo Berlangsung Khidmat

Peringatan Detik-Detik Proklamasi di TPA Sampah Jabon Sidoarjo Berlangsung Khidmat
Peringatan Detik-detik Proklamasi di TPA Sampah Sidoarjo.(MI/Heri Susetyo)

UPACARA HUT RI ke-78 dalam memperingati detik-detik proklamasi tidak hanya dilakukan di perkantoran atau sekolah. Di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, puluhan petugas kebersihan melakukan upacara bendera, di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI ke 78 tersebut dilakukan para petugas kebersihan di TPA sampah Kecamatan Jabon Sidoarjo. Terlihat di belakang lokasi upacara tersebut adalah perbukitan sampah serta sejumlah alat berat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan sampah.

Upacara bendera ini dengan inspektur upacara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo, Bahrul Amiq. Bendera merah putih pun dikibarkan di lokasi TPA sampah, saat detik-detik Proklamasi diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Baca juga : Peringati HUT RI, Warga Bogor Gelar Upacara Bendera di Tengah Sungai Ciliwung

Meskipun dilakukan di TPA sampah, prosesi upacara bendera HUT RI ke 78, tetap berjalan khidmat. Para peserta upacara tidak terganggu, dengan aroma bau tidak sedap sekitarnya.

Upacara bendera peringatan HUT RI sengaja dilakukan, untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme para petugas kebersihan. Meskipun pekerjaan mereka di lingkungan perbukitan sampah, para petugas kebersihan ini sebenarnya adalah pahlawan lingkungan.

"Ada 75 peserta upacara yang rata-rata petugas kebersihan. Tidak hanya di instansi perkantoran atau sekolah, petugas kebersihan juga memiliki jiwa nasionalisme melakukan upacara bendera di HUT RI ke 78 ini," kata Bahrul Amiq.

Baca juga : Kemendikbudristek Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Simbol Pemajuan Pelestarian Budaya Indonesia

Lewat upacara bendera ini pula diharapkan pada masyarakat, untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. TPA sampah di Jabon ini menampung semua sampah rumah tangga di Sidoarjo.

Dari data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo, volume sampah yang masuk di UPTD TPA Jabon pada Januari 2023 sebanyak 17.860 ton. Selanjutnya terus menunjukkan grafik turun setiap bulannya karena sampah dipilah dulu untuk diolah, sebelum dibuang ke TPA. Hingga pada Juni 2023, sampah yang masuk hanya sebesar 14.740 ton. Angka tersebut tercatat rata-rata penurunannya mencapai 60 ton perhari.

Keberhasilan pengurangan volume sampah tersebut dapat memperpanjang umur teknis TPA Jabon. Sampah yang masuk TPA tersebut rata-rata mencapai 600 ton per hari. Apabila tidak segera diatasi, TPA Jabon diprediksi hanya bertahan lima tahun saja. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat