visitaaponce.com

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Dimulai di Kabupaten PPU

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Dimulai di Kabupaten PPU
Selaint itu, akan diadakan Kirab Bendera Merah Putih pada Sabtu (8/6).(Dok Kemendagri)

DIREKTORAT Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelar acara Pencanangan Awal Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024, di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur

Acara untuk menyemarakkan HUT ke-79 RI yang digelar Sabtu, (8/6) di area lapangan Kantor Bupati, Kabupaten PPU, itu rencananya dihadiri dan dibuka resmi oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Kegiatan ini berdasarkan Surat Mendagri Nomor 400.10.1.1/2152/SJ Tanggal 8 Mei 2024, bahwa Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih 2024 dilaksanakan mulai 1 Juni hingga 17 Agustus 2024.

Baca juga : Upaya Putus Mata Rantai Stunting, Komunitas Isi Piringku Dibentuk di Penajam Paser Utara

"Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan semangat kebangsaan, tetapi juga mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dan dapat menginspirasi semua masyarakat Indonesia untuk bersama-sama merayakan kemerdekaan dengan penuh rasa bangga dan cinta Tanah Air," kata Plh Direktur Jenderal Politik dan PUM Kemendagri Togap Simangunsong.

Kegiatan nasional ini akan melibatkan partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk individu, kelompok, organisasi kemasyarakatan, partai politik, serta unsur pemerintahan dan swasta. Terkait itu, Pemerintah Kabupaten PPU di bawah pimpinan Pj Bupati Makmur Marbun akan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut acara pencanangan ini, termasuk penyediaan lokasi dan fasilitas. Dukungan optimal juga diberikan terkait pembiayaan dan teknis pelaksanaan di daerah serta memastikan gerakan ini berjalan sukses dan meriah," ujar Makmur.

Baca juga : Polisi Bakal Tes Kejiwaan Remaja Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga di Penajam Kaltim

Sebagai informasi, selain Mendagri acara itu rencananya dihadiri kementarian/lembaga, Kepala BNPT, Sestama BPIP, Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam, Deputi Revolusi Mental Kemenko PMK, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek, juga jajaran eselon I Kemendagri dan Internal Ditjen Politik dan PUM.

Guna menyemarakkan acara itu, akan diadakan Kirab Bendera Merah Putih pada Sabtu (8/6) Juni mulai dari Masjid Agung Al Ikhlas menuju halaman Kantor Bupati dan dilanjutkan acara puncak Pencanangan Awal Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih 2024 pada malam harinya.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian akan menyerahkan bendera Merah Putih secara simbolis menandai dimulainya gerakan nasional tersebut. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat