visitaaponce.com

Sumber Air Bersih di Penajam Paser Utara Kaltim Diharap Bisa Dongkrak Ekonomi Warga

Sumber Air Bersih di Penajam Paser Utara Kaltim Diharap Bisa Dongkrak Ekonomi Warga
Ilustrasi, berikut sumber air bersih di Kalimantan Timur(ANTARA FOTO/Arnas Padda)

PEJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik meresmikan sumur dalam dan pengolahan air bersih di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (11/6). Bangunan penyediaan dan pengolahan tersebut akan memenuhi kebutuhan air bersih untuk sekitar 1.727 warga desa setempat.

"Desember 2023 lalu saya ke sini bersama Pangdam. Waktu itu warga kesulitan air. Saya diancam warga. Sawah-sawah akan mereka tanami sawit. Alhamdulilah, hari ini kita bertemu lagi dalam keadaan bahagia, karena air sudah ada," kata Akmal, melalui keterangannya, Kamis (13/6).

Penyediaan air baku dan air bersih untuk masyarakat ini menurut Akmal merupakan upaya pemerintah untuk menekan angka kemiskinan. Ia menilai salah satu paramater kemiskinan adalah akses pemenuhan kebutuhan air bersih.

Baca juga : Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Dimulai di Kabupaten PPU

Dengan tersedianya air bersih ini, maka tingkat kemiskinan secara otomatis juga akan menurun.

Dijelaskan Akmal, tahun ini Pemprov Kaltim membangun sumur dalam empat desa di PPU yakni Desa Sumber Sari, Rawa Mulya, Rintik dan Babulu Laut. Tahun depan, Pemprov Kaltim mengalokasikan pembangunan sumur dalam untuk delapan lokasi desa lainnya di PPU.

Namun, Akmal mengingatkan agar Dinas PUPR Kaltim juga segera menyiapkan lokasi pembangunan sumur air bersih di kabupaten dan kota lainnya di Kaltim.

Baca juga : Upaya Putus Mata Rantai Stunting, Komunitas Isi Piringku Dibentuk di Penajam Paser Utara

"Tadi sudah saya minta Pak Nanda (Kadis PUPR Kaltim) untuk dibuat pemerataan, karena kantong kemiskinan juga ada di kabupaten dan kota lainnya. Jangan pula nanti saya dibilang Pj Gubernurnya PPU,” kata Akmal.

Lebih lanjut, Akmal juga berharap dengan ketersediaan air bersih ini akan bermunculan UMKM dan usaha-usaha lainnya karena air sudah tersedia.

"Air adalah salah satu instrumen untuk meningkatkan ekonomi dan peningkatan nilai tambah," jelas Akmal.

Baca juga : Polisi Bakal Tes Kejiwaan Remaja Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga di Penajam Kaltim

"Air ini bukan sebatas hanya untuk air minum, tapi harus dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi. Membantu mengolah bahan mentah menjadi produk bernilai tambah," kata Akmal.

Kepala Dinas PUPR Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda menjelaskan bangunan penyediaan air baku dan air bersih ini dibangun menggunakan APBD Provinsi Kaltim sebesar Rp4,5 miliar.

Kedalaman sumur ini 185 meter dengan kapasitas 5 liter per detik. Sementara kapasitas tampung yang disiapkan 12 m3 untuk air bersih dan 48 m3 untuk air baku.

Baca juga : Kronologi Lengkap Kasus Pembunuhan Satu Keluarga oleh Remaja di Penajam Paser Utara Kaltim

"Satu jam dari sumur ini bisa memproduksi 18 m3. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan air seluruh warga di sini mesin ini cukup beroperasi enam jam. Sudah cukup," jelas Nanda.

Saat ini, Pemprov Kaltim membantu satu mesin jenset untuk operasional sumur dalam dan pengolahannya tersebut.

Ke depan, Pj Gubernur Akmal Malik meminta agar Pemkab PPU dan Desa Sumber Sari bisa segera menyelesaikan persoalan listrik tersebut dengan PLN. Operasional sumur dan pengolahan air ini memerlukan ketersediaan listrik.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat