visitaaponce.com

Menkeu Sri Mulyani dan Menteri ATR AHY Tinjau Masterplan Penajam Panser Utara

Menkeu Sri Mulyani dan Menteri ATR AHY Tinjau Masterplan Penajam Panser Utara 
Peninjauan masterplan Panser Utara, Kalimantan(Dok. Bank Tanah)

DUA menteri yakni, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau Maket masterplan Penajam Paser Utara (PPU) milik Badan Bank Tanah. Maket tersebut ditampilkan dalam kegiatan Rakernas Kementerian ATR/BPN Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (6/3) dan Sabtu (9/3) mendatang. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambut baik upaya-upaya yang telah dilakukan Badan Bank Tanah. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap, masterplan yang telah dibuat akan semakin mendukung kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ini lokasinya sangat mendukung IKN dan juga Balikpapan ya," katanya seperti dikutip dari Antara.

Baca juga : Perbanyak UMKM Penetrasi Digital dan Lakukan Ekspor

Sementara itu, Menteri ATR/BPN AHY menyampaikan bahwa pembangunan hak pengelolaan (hpl) Badan Bank Tanah PPU akan sangat mendukung perekonomian masyarakat dan juga wilayah di sekitarnya. Dirinya menyampaikan telah meminta jajarannya untuk mendukung Badan Bank Tanah dalam rangka percepatan perolehan tanah, khususnya untuk mendukung IKN.

"Salah satu yang bisa kita laporkan saat ini bank tanah yang bisa men-support di kawasan IKN ada 4.000 sekian hektare yang kita siapkan menjadi Bank Tanah, 300 sekian hektare disiapkan untuk bandara, sedangkan yang lain di sekitarnya menjadi supporting system yang menjadi kebutuhan bagi otoritas IKN," jelasnya.

Adalun, hak pengelolaan (hpl) Badan Bank Tanah yang berada di kawasan PPU adalah seluas 4.162 Ha. Dari jumlah tersebut, Badan Bank Tanah telah mengalokasikan lahan seluas 347 Ha untuk pembangunan Bandara VVIP IKN, Jalan Tol IKN Seksi 5B seluas 150 Ha, Reforma Agraria seluas 1.873 Ha dan sisanya untuk kepentingan sosial, pemerataan ekonomi dan untuk kepentingan pembangunan nasional.

Baca juga : Sri Mulyani Koordinasikan Soal Satgas BLBI dengan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Bank Tanah menjelaskan tentang konsep dari perencanaan tata ruang pembangunan di kawasan PPU. Nantinya, akan dibangun Bandara VVIP IKN dan Jalan Tol Seksi 5B  di atas hpl Badan Bank Tanah.

Selain itu, dijelaskan juga terkait area yang menjadi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA). 

Kita sudah alokasikan 1.873 Ha untuk Reforma Agraria, terkait ganti rugi tanam tumbuh masyarakat yang terdampak juga telah diselesaikan oleh Tim Terpadu yang dibentuk oleh Pemprov Kaltim," ujar Parman. (Ant/Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat