visitaaponce.com

Dukung Program Nasional, Ikanot Undip Gelar Jalan Bareng Menteri ATRBPN

Dukung Program Nasional, Ikanot Undip Gelar Jalan Bareng Menteri ATR/BPN
Acara ini juga bertujuan mempererat hubungan antara Kementerian ATR/BPN dengan mitra kerja (Ikanot Undip) dan masyarakat secara umum.(Dok Undip)

SERTIFIKASI tanah elektronik merupakan program nasional untuk membantu masyarakat memiliki surat kepemilikan tanah tanpa harus khawatir bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti bencana alam dan sebagainya. 

Seperti diketahui, Indonesia termasuk negeri rawan bencana alam. Data yang ada menyebutkan, sepanjang 2023, terjadi 173 kejadian bencana di seluruh Indonesia. Bencana banjir di urutan pertama dengan 61 kejadian, disusul cuaca ekstrem dan tanah longsor sebanyak 57 dan 32 kejadian, dan gelombang pasang/abrasi terjadi sebanyak 4 kejadian. Karena itu, perlu kewaspadaan dini, termasuk penyelamatan dokumen-dokumen penting seperti surat tanah. 

Terkait itu, Ikatan Alumni Kenotariatan Universitas Diponegoro (Ikanot Undip) menggagas Sosialisasi Sertifikat Tanah Elektronik kepada notaris/PPAT, kalangan perbankan, akademisi, pengamat, dan masyarakat luas, di Artotel Gelora Senayan, Jakarta.

Baca juga : Ikanot Undip Bantu Sosialisasikan Kebijakan Sertifikat Elektronik

"Kegiatan ini merupakan bentuk support kepada pemerintah agar masyarakat bisa lebih memahami seluk beluk sertifikat tanah elektronik," kata Ketua Umum Ikanot Undip Otty Hari Chandra Ubayani, di Jakarta, Jum'at (4/5).

Ia berharap sosialisasi ini bisa membantu masyarakat untuk lebih memahami kemanfaatan sertifikat tanah elektronik. 

Bukan hanya itu, Pengurus Pusat Ikanot Undip mengadakan jalan sehat bersama Menteri Agraria dab Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istri Anissa Larasati Pohan, di sekitar Gelora Bung Karno, Sabtu (4/5). 

Baca juga : Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah di Banyuwangi, AHY Mendampingi

"Kegiatan ini merupakan komitmen dalam mendukung gaya hidup sehat masyarakat," kata Otty Ubayani yang juga Notaris/PPAT senior ini. 

Hadir pula para pengurus Ikanot Undip lain seperti Sekretaris Umum Jamila Abdul Gani yang juga Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024 - 2029 dari Partai Gerindra. 

Otty mengatakan acara olahraga lari bersama ini sebagai bagian dari upaya PP Ikanot Undip bersama Kementerian ATR/BPN untuk mendorong kesadaran mengenai pentingnya olahraga dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Acara ini juga bertujuan mempererat hubungan antara Kementerian ATR/BPN dengan mitra kerja (Ikanot Undip) dan masyarakat secara umum. 

Baca juga : Janda 92 Tahun di NTT Diduga Jadi Korban Mafia Tanah

"Dalam menjalankan tugas keseharian yang penuh konsentrasi, dibutuhkan kesehatan fisik yang prima dan pikiran yang fresh. Pada tubuh yang sehat terdapat pikiran sehat," ungkap Menteri AHY.

AHY juga berharap, Ikanot Undip bisa terus membantu pemerintah, utamanya dalam menyosialisasikan berbagai program kerja kepada masyarakat.

"Kinerja Ikanot Undip untuk turun ke bawah, menjangkau masyarakat tidak diragukan lagi. Karena itu, Kementerian ATR/BPN merasa sangat terbantu dengan kiprah Ikanot Undip. Ke depan kita akan bekerja sama lebih baik lagi," kata Menteri AHY. 

Sementara itu, Sekretaris Umum PP Ikanot Undip Jamilah Abdul Gani menegaskan, kegiatan olahraga bersama dengan Kementerian ATR/BPN di GBK ini juga berguna untuk menguatkan kebersamaan, kemitraan dan silaturahmi. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat