visitaaponce.com

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto Geram Masih Ada Pungli Sertifikat SHM

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto Geram Masih Ada Pungli Sertifikat SHM
Menkopolhukam Hadi Tjahjanto(Medcom / Kautsar Widya Prabowo)

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengungkap beragam tindakan pungutan liar (pungli) di Kementeriaan Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

Salah satunya adanya oknum yang mempermainkan tarif peningkatan status hak guna nangunan (HGB) menjadi sertifikat hak milik (SHM).

"Peningkatan status HGB, Hak Guna Bangunan menjadi SHM sesuai dengan aturan, hanya 50.000 rupiah," ujar Hadi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Saber Pungli, di Hotel Mercure, Jakarta Pusat, Rabu (12/6). 

Baca juga : Menteri ATR Pastikan tidak Ada Pungli dalam Program PTSL

Namun, saat Hadi turun ke lapangan, menemukan ada oknum yang menaikan tarif mencapai Rp1 juta hingga Rp10 juta. Ia pun segera mengklarifikasi ke masyarakat ihwal kasus tersebut.

Mantan Menteri ATR/BPN ini pun meminta masyarakat melaporkan ke dirinya apabila mengalami perilaku serupa. Ia pastikan bakal menindak tegas.

"Artinya perlu pengawasan, perlu menerima laporan kita mendengarkan supaya apa yang kita berikan itu supaya benar benar jalan di lapangan," tandasnya.(z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat