visitaaponce.com

Kantor Pertanahan Tangsel Segera Launching Sertifikat Elektronik Atasi Mafia Tanah

Kantor Pertanahan Tangsel Segera Launching Sertifikat Elektronik Atasi Mafia Tanah
Ilustrasi sertifikat tanah(MI)

KANTOR Pertanahan Kota Tangerang Selatan ( Kantah Tangsel) melakukan persiapan jelang peralihan Sertifikat Elektronik dengan pelatihan pegawai dan sosialisasi kepada masyarakat, PPAT, dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel).

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan Shinta Purwitasari menjelaskan bahwa sertifikat elektronik diterbitkan dalam rangka pendaftaran pertama kali, pemeliharaan data pendaftaran tanah dan pencatatan perubahan data dan informasi.

"Sertifikat elektronik diterbitkan melalui sistem elektronik berupa dokumen elektronik yang disahkan dan diamankan dengan menggunakan tanda tangan elektronik,"kata Shinta kepada wartawan di Tangsel, Selasa (21/5)

Baca juga : Kantah Tangsel Targetkan 10 Kota Lengkap pada 2024

Dikatakan sertifikat elektronik dapat disimpan melalui gawai atau dicetak menggunakan kertas serta dilengkapi QR Code yang dapat diakses melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

"Jadi pastikan untuk masyarakat harus unggah aplikasinya dan aktifkan aplikasi sentuh tanahku,"ungkap Shinta.

Melalui sertifikat elektronik, diharapkan dapat meningkatkan efisien waktu, biaya dan pelayanan, serta menjamin perlindungan data pemilik sertipikat.

Baca juga : Kantah Tangsel Bagikan 196 Sertifikat PTSL 2023 di Kecamatan Setu dan Pondok Aren

“Yang pasti sertifikat elektronik dapat mempersempit ruang gerak mafia tanah dengan adanya digitalisasi dan layanan elektronik,” tegasnya.

Dalam rangka persiapan sertifikat elektronik tidak hanya melakukan pelatihan kepada pegawai. Juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, PPAT dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan secara masif.

"Untuk sosialisasi di media sosial sudah berjalan, selanjutnya sosialisasi secara langsung kepada stakeholder terkait,''pungkas Shinta.(Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat