visitaaponce.com

PkM UT Kolaborasi Dua Kelurahan Bagi Kemajuan Masyarakat di Tangsel

PkM UT Kolaborasi Dua Kelurahan Bagi Kemajuan Masyarakat di Tangsel
Kolaborasi UT dengan Kelurahan Pondok Cabe Udik dan Kelurahan Pondok Cabe Ilir di Kecamatan Pamulang, Tangsel(MI/Syarief Oebaidillah)

PROGRAM Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Terbuka (UT)merupakan kegiatan sivitas akademika dosen dan mahasiswa, yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kepedulian sosial kemasyarakatan UT diwujudkan dengan kegiatan PkM berkolaborasi dengan Kelurahan Pondok Cabe Udik dan Kelurahan Pondok Cabe Ilir di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel).

Rektor UT Ojat Darojat mengatakan pihaknya berkomitmen mendorong kemajuan warga setempat dan membuka seluasnya akses pendidikan untuk kuliah bagi warga dua kelurahan tersebut.

Baca juga : Jawab Kebutuhan Masyarakat, Universitas Terbuka (UT) Luncurkan Program Studi Magister PAUD dan Sarjana PAI

"UT memunyai program keberpihakan pada masyarakat seperti tertuang pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.UT memang dirancang pemerintah bagi warganya agar bisa menempuh kuliah.Karena itu kami mendorong warga dua kelurahan agar dapat kuliah di UT guna meningkatkan SDM nya. Jadi jangan sampai kalah dengan daerah lain, " kata Ojat Darojat pada sambutan peresmian pembukaan PkM Nasional UT di kantor Kelurahan Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangsel, Kamis (20/6). 

Turut hadir, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UT  Prof. Dewi Artati Padmo Putri,Sekretaris Camat Pamulang, Munadi, Lurah Pondok Cabe Udik  Abdul Malik, Lurah Pondok Cabe Ilir Prihadiyanto dan warga dua kelurahan.

Ojat memaparkan sebagai satu satu nya PTN pemerintah yang disain khusus berbiaya murah dengan waktu kuliah yang fleksibel namun tetap utamakan kualitas.

Baca juga : Pelibatan Mahasiswa Bikin Kreativitas dan Kembangkan Inovasi

Dikatakan jika diperjalanan kuliah mahasiswa UT ada yang terkendala biaya dan tidak mampu pihaknya telah menyiapkan beasiswa.

"Kita siapkan beasiswa, pada tahun lalu ada Rp 16 miliar untuk beasiswa.Jadi kita harap warga Pondok Cabe Udik dan Ilir dimana UT berlokasi disini silakan datang ke kampus UT, " tandas Ojat penuh semangat.

Ketua LPPM UT Prof. Dewi Artati Padmo Putri sebagai pelaksana mengataka PkM Nasional memiliki peran penting dalam mendorong kerjasama aktif antara UT dan masyarakat lokal dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan mempromosikan potensi yang ada di masyarakat.

Baca juga : Edukasi Mahasiswa Terapkan Good Mining Practices

Menurutnya 5 Tim PkM yang terdiri dari dosen lintas fakultas yang melibatkan juga mahasiswa UT yang melakukan PkM di Kelurahan Pondok Cabe Udik dan Pondok Cabe Ilir. PkM yang dikolaborasikan antara lain
Pertama, Pemberdayaan Anggota PKK dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Anggota PKK di Kelurahan Pondok Cabe Udik akan diberdayakan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan ekonomi keluarga melalui program pelatihan, konsultasi, dan pendampingan.

Kedua, Penguatan Literasi bagi Guru SD Guru SD di Kelurahan Pondok Cabe Udik akan mendapat manfaat dari pengembangan penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) menggunakan aplikasi Nearpod, Quizizz, dan Candyedu.

Ketiga, Penguatan Ketahanan Keluarga di Desa Pondok Cabe Ilir. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai tentang ketahanan keluarga khususnya dalam mengatasi tantangan sosial dan ekonomi yang  kompleks.

Baca juga :  Lemondial Business School, Program Studi Manajemen Pariwisata  Raih Akreditasi BAN-PT

Keempat, kolaborasi dengan UMKM dalam Hilirisasi Program Kuliner Unggulan di Kelurahan Pondok Cabe Ilir

Kerja sama ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang kuat antara UMKM dan Universitas Terbuka dalam mengembangkan program kuliner sehingga dapat memperkaya warisan kuliner di Kelurahan Pondok Cabe Ilir.

Kelima, revitalisasi Mata Air Kobak Nyamplung Berbasis Swakelola Komunitas Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kelestarian lingkungan dengan menggali potensi sumber daya air setempat dan melibatkan masyarakat secara aktif dalam pengelolaannya.

Menyinggung ajakan Rektor UT untuk memajukan SDM dengan kuliah di UT, Sekcam Munadi dan kedua lurah terkait menyambut positif. Menurut mereka UT telah banyak berkontribusi bagi warga Tangsel dan Tangerang.

"Jika ada kampus UT yang memang sudah kampus unggul juga dekat dan berada di wilayah kami, mengapa mesti kuliah di tempat yang jauh," kata Abdul Malik dan Prihadiyanto serempak.(H-2).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat