visitaaponce.com

UT Tuan Rumah NUDC 2024, Rektor Tekankan Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis

UT Tuan Rumah NUDC 2024, Rektor Tekankan Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis
Pembukaan National University Debating Championship (NUDC) 2024, di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangsel.(Dok. Universitas Terbuka)

UNIVERSITAS Terbuka (UT) dipercaya menjadi tuan rumah kompetisi debat mahasiswa National University Debating Championship (NUDC) 2024. Ajang tahunan ini telah resmi dibuka di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kantor Pusat Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Senin (27/5). Kompetisi akan berlangsung hingga 2 Juni 2024 di UTCC.

Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat, menyampaikan rasa bangganya karena UT bisa diberi amanah menjadi tuan rumah kompetisi bergengsi ini. Menurut Ojat, NUDC menjadi kesempatan yang bagus bagi peserta untuk mengembangkan bakat dan kapasitasnya.

Lewat ajang tersebut, katanya, mahasiswa juga dapat membangun jejaring hingga melatih kemampuan berpikir kritis. Rektor menyampaikan bahwa kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi menjadi tuntutan untuk hidup di abad 21.

Baca juga : Universitas Terbuka Tindak Tegas Segala Bentuk Kecurangan Akademik

“Tapi di samping itu ada satu hal yang penting, yaitu caring (peduli). Caring, cinta, kasih sayang sesama pelajar. Bukan menganggap (mahasiswa lain) kompetitor, lawan debat, tapi sebagai mitra berpikir, melatih kemampuan berpikir kritis untuk masa depan Indonesia,” kata Ojat kepada awak media di UTCC, Senin (27/5).

Ojat pun yakin NUDC adalah program yang bisa berkontribusi terhadap cita-cita Indonesia Emas 2045.

Baca juga : Universitas Terbuka Tindak Tegas Segala Bentuk Kecurangan Akademik

NUDC adalah kompetisi debat parlementer berbahasa Inggris tingkat universitas se-Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan setahun sekali sejak 2008 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Ajang ini seringkali digunakan untuk memilih delegasi Indonesia untuk berkompetisi di World Universities Debating Championship (WUDC).

Pada tahun ini, NUDC mempertemukan 112 tim terbaik se-lndonesia. Dengan menggunakan format debat parlemen, NUDC menuntut para mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik.

Dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat.

Baca juga : UT Pertahankan Biaya Kuliah Terjangkau Selepas Jadi PTN-BH

Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek Maria Veronica Irene Herdjiono menyampaikan apresiasi kepada UT yang telah mau menjadi tuan rumah NUDC 2024. Ia menjelaskan, NUDC adalah salah satu dari 42 ajang nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

“NUDC merupakan salah satu bidang di bidang seni khususnya bahasa, bagaimana bisa mengungkapkan pendapat secara terbuka dengan baik dan memiliki dasar,” kata Irene dalam kesempatan yang sama.

Talent Pool Anak Muda

Ajang tersebut juga menjadi bagian untuk menyiapkan talent pool bagi peserta didik dari SD sampai perguruan tinggi. Tujuannya agar talenta yang ada bisa diakomodasi, hingga dihilirisasi sampai dunia usaha, industri, kementerian, dan lembaga.

Baca juga : Penyerahan Kontrak Penelitian & PKM dan Anugerah Karya Inovasi & Pengabdian UT Tahun 2024

“Kami memiliki sistem informasi manajemen talenta. Di dalamnya para juara ini baik di tingkat provinsi maupun nasional, SD sampai perguruan tinggi, berbasis di talent pool/database tersebut. Ini menjadi sumber daya informasi yang sangat luar biasa bagi universitas, sekolah, untuk bisa melakukan seleksi atau melihat kompetensi yang bisa dikembangkan oleh para peserta didik,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara NUDC 2024 sekaligus Plt Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT Rahmat Budiman menyebut ada sejumlah keistimewaan penyelenggaraan NUDC di UT.

Pertama, berbeda dengan sebelumnya, penyelenggaraan NUDC kali ini tidak digelar di kampus, tetapi di kantor pusat UT. Hal itu diharapkan bisa menghadirkan pengalaman berbeda bagi para mahasiswa.

Hal menarik lain adalah hadirnya maskot bernama GUTSY, singkatan dari Garuda Universitas Terbuka Shaping You. Maskot tersebut nantinya juga akan diberikan kepada pemenang kompetisi.

“Garuda melambangkan rasa kebanggaan yang merepresentasikan Universitas Terbuka yang mahasiswanya tersebar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Garuda juga melambangkan kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, dan disiplin serta nilai-nilai yang diharapkan dapat teman-teman mahasiswa junjung dalam NUDC 2024 ini,” ungkap Rahmat.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat