visitaaponce.com

Edukasi Mahasiswa Terapkan Good Mining Practices

Edukasi Mahasiswa Terapkan Good Mining Practices
Studi ekskursi mahasiswa program studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi (Unja).(Dok Universitas Jambi)

PERUSAHAAN pertambangan batubara di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, PT Trimata Benua, menerima kunjungan mahasiswa program studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi (Unja).

Kegiatan bertajuk studi ekskursi yang diikuti sebanyak 125 mahasiswa dan didampingi enam dosen pembimbing ini dimulai dengan pemaparan safety induction oleh tim occupational health & safety (OHS) sebagai kegiatan yang wajib diikuti pengunjung untuk mengedukasi terkait aspek keselamatan dan kesehatan.

“Kami sangat senang menerima kunjungan mahasiswa Unja secara langsung ke lokasi pertambangan. Mereka bisa memanfaatkan kesempatan terbatas ini untuk menyerap ilmu yang dipraktikkan seoptimal mungkin sebagai bekal memasuki dunia kerja di masa depan,” ujar Kepala Teknik Tambang PT Timata Benua B S Parulian Simamora ST.

Baca juga : Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia Raih Akreditasi Unggul

Dosen pendaming UNJA Yudi Arista Yulanda ST MT menyampaikan kegiatan studi ekskursi mahasiswa kali ini didorong oleh kelengkapan fasilitas PT Trimata Benua yang sangat memadai untuk belajar ilmu-ilmu bidang pertambangan.

Dia menceritakan rombongan mendapatkan kesempatan untuk memasuki area tambang terbuka milik PT Trimata Benua dan melakukan observasi atau pengamatan langsung proses penambangan batubara dari hulu hingga hilir.

"Mahasiswa juga diajak melihat area reklamasi untuk memberikan edukasi dan gambaran atas prinsip good mining practices dari PT Trimata Benua sebagai bentuk kepatuhan atas norma dan peraturan perundang-undangan pertambangan Republik Indonesia," kata Yudi.

Manajemen PT Trimata Benua berharap kunjungan mahasiswa UNJA dapat memberikan pengalaman nyata dan berharga sehingga jadi manfaat serta bekal bagi mahasiswa Unja. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat