visitaaponce.com

Terkait All Eyes on Papua, AHY Janji Bakal Hadirkan Solusi yang tidak Rugikan Masyarakat

Terkait All Eyes on Papua, AHY Janji Bakal Hadirkan Solusi yang tidak Rugikan Masyarakat
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)(MI/Mitha Meinansi)

Seruan All Eyes on Papua dalam sepekan terakhir menggema si media sosial. Gerakan di media sosial itu merupakan bentuk solidaritas warga Indonesia terkait konflik yang terjadi antara PT Indo Asiana Lestari dengan masyarakat adat Suku Awyu.

PT Indo Asiana Lestari bakal melakukan ekspansi perkebunan sawit mereka seluas 36.094 hektare yang sebelumnya merupakan tempat tinggal masyarakat Suku Awyu.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan pihaknya ingin mengedepankan pendekatan humanis untuk membereskan masalah tersebut.

Baca juga : AHY Klaim Lahan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Sudah Clean and Clear

“Tidak boleh atas nama pembangunan infrastruktur atau atas nama pertumbuhan ekonomi kemudian meniadakan hak-hak masyarakat adat,” ungkap AHY, Rabu (12/6).

“Karena, pada akhirnya, pembangunan itu untuk rakyat, bukan sebaliknya,” tambahnya.

Oleh karena itu, AHY mengklaim sangat menghormati dan memuliakan masyarakat Papua dan semua yang menjadi terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : AHY Cek Lahan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang

AHY mengakui memang tugas dan tantangan pemerintah untuk menyeimbangkan kebutuhan pembangunan dengan kelestarian lingkungan termasuk menjaga masyarakat setempat tidak tergeser dari rumahnya sendiri.

“Tapi kita tentunya hadirkan secara aturan dan skema yang berlaku mudah-mudahN ada solusi yang baik yang tidak mengorbankan siapapun,” ungkapnya.

“Yang tidak mengorbankan siapapun,” tandas AHY. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat