visitaaponce.com

Penguasa Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegoro IX Wafat

Penguasa Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegoro IX Wafat
KGPAA Mangkunegoro IX atau Gusti Pangeran Harya (GPH) Sudjiwa Kusuma wafat, Jumat dinihari (13/8)(MI/widjajadi )

PURA Mangkunegaran berduka, Jumat (13/8) dinihari, sekitar pukul 02.50, KGPAA Mangkunegoro IX wafat di rumah pribadi, Jl Tirtayasa 11, Kebayoran, Jakarta Selatan karena gangguan penyakit jantung. Dua pekan sebelum meninggal, almarhum baru dinyatakan sembuh dari infeksi covid-19.

"Betul, beliau seda (meninggal) di rumah pribadi, Jakarta karena gangguan jantung," ungkap Pengageng Kawedanan Satrio Pura Mangkunegaran, Liliek Priarso kepada Media Indonesia, Jumat (13/8) pagi.

Menurut dia, dua minggu sebelum wafat, almarhum yang sempat terpapar covid sudah dinyatakan sembuh. Namun kemudian, almarhum mengalami gangguan jantung dan sebelum dibawa ke RS Pertamina, keburu meninggal.

Dia paparkan, jenasah pemilik nama asli Gusti Pangeran Harya (GPH) Sudjiwa Kusuma itu akan dibawa ke Solo pada hari ini juga, sekitar pukul 09.00, lewat jalur darat.

Begitu sampai di Pura Mangkunegara, jenasah disemayamkan di Pendopo Ndalem Ageng.

"Karena sampai Solo diperkirakan sudah sore (masuk hari Sabtu (14/8), maka pemakaman dilakukan hari Minggu. Almarhum ini wafat persis seperti mendiang ayahnya ( KGPAA Mangkunegoro X ), yang kemudian dimakamkan juga hari Minggu,'" kata dia.

Pengageng Pura Mangkunegaran ini, lahir di Kota Solo pada 18 Agustus 1951. Almarhum yang naik tahta pada 1988 itu, menikah dua kali. Pertama pada 1974 menikah dengan Sukmawati Soekarnoputri, tapi kemudian cerai usai dikaruniai dua putra, lalu menikah lagi dengan Prisca Marina Yogi Supardi, juga dikaruniai dua anak.

Dua anak dari Sukmawati adalah Gusti Pangeran Harya (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara dan Gusti Raden Ayu (GRA) Putri Agung Suniwati. Sementara dari permaisuri Marina yang bergelar Gusti Kanjeng Putri (GKP) Mangkunegoro IX juga mendapatkan dua anak, yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwa. (OL-13)

Baca Juga: Tahun Lalu, Hampir 90 Ribu Penduduk Tinggalkan Hong Kong

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat