visitaaponce.com

137 Mahasiswa Asing dari 30 Negara Ikuti Keseruan Kompetisi Budaya di UMS

137 Mahasiswa Asing dari 30 Negara Ikuti Keseruan Kompetisi Budaya di UMS
Para mahasiswa asing dari 30 negara berfoto bersama di sela kegiatan ICAC 2024.(MI/Widjajadi)

BIRO Kerja sama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kegiatan pertukaran dan pengenalan budaya internasional melalui "3rd International Cultural Academy Competition (ICAC) 2024", di Gedung Mohammad Djazman, UMS, Senin (10/6).

Kegiatan memperkenalkan budaya dunia itu diikuti 137 peserta mahasiswa asing dari 29 perguruan tinggi yang tersebar di 30 negara. Ikut pula didalamnya mahasiswa dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) UMS, sejingga menambah keseruan dalam kegiatan ini.

Kepala dari Mobilitas dan Layanan BKUI UMS Sri Indra Kurnia menyebutkan, kegiatan ICAC ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing dan juga lokal untuk memperkenalkan budaya asal negeri mereka.

Baca juga : Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ dan ISI Surakarta Kolaborasi Pengabdian Masyarakat di Jateng

"ICAC ini merupakan agenda tahunan, untuk merayakan perbedaan budaya dan apresiasi untuk kompetisi mahasiswa. Dalam acara ini, mahasiswa sejumlah negara dihadirkan untuk menunjukkan talent dan pemahaman global mereka," tutur Sri Indra.

Dalam gelaran ini, baik mahasiswa lokal maupun asing akan saling memperkenalkan budaya dan talenta mereka melalui parade budaya, fashion show, kuliner, tarian, nyanyian, dan sebagainya.

Bahkan dalam kegiatan kuliner, mahasiswa pesrrta ataupun pengunjung dapat mengunjungi booth dekorasi dan mencicipi masakan khas dari negara-negara lain.

Baca juga : UMY Gelar ICCF Festival Kebudayaan Internasional Hadirkan Lebih dari 30 Negara

Wakil Rektor V UMS Prof. Supriyono memberikan apresiasi atas keterlibatan 137 peserta mahasiswa asing dari 29 perguruan tinggi di 30 negara pada agenda tahunan ini.

"Kegiatan ini sebenarnya ditujukan untuk seluruh mahasiswa internasional yang sedang belajar di Indonesia dari berbagai universitas untuk bergabung dan membangun jejaring. Event budaya ini juga ditujukan untuk menajamkan pemahaman global terutama perbedaan budaya, juga untuk saling menghormati atas perbedaan budaya," terang Supriyono.

Kepala BKUI UMS, Andy Dwi Bayu Bawono menyatakan, dengan keterlibatan ratusan mahasiswa asing, 3rd ICAC 2024 bisa dibilang sukses. "Alhamdulillah, dari keseruan yang muncul, 3rd ICAC 2024 ini cukup berhasil," jelas Bayu.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat