visitaaponce.com

Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ dan ISI Surakarta Kolaborasi Pengabdian Masyarakat di Jateng

Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ dan ISI Surakarta Kolaborasi Pengabdian Masyarakat di Jateng
Kolaborasi mural(Dok IKJ dan ISI Surakarta)

FAKULTAS Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta dan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta menjalin kolaborasi pengabdian masyarakat di Desa Juron, Solo, Jawa Tengah jelang akhir April 2024. Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ, Anindyo Widito mengatakan, pengabdian masyarakat merupakan panggilan dua institusi pendidikan seni Tanah Air untuk berbagi ilmu pengetahuan bersama masyarakat.

"Sebagai bagian dari elemen masyarakat yang bergelut pada keilmuan seni rupa dan desain, kami para pengajar Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ ingin berpartisipasi dalam menyebarkan ilmu yang kami miliki kepada masyarakat luas, khususnya di Desa Juron,” kata dia.

Pada kesemaptan yang sama, Wakil Dekan Bidang Riset, Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Nicholas Wila Adi Pratama menjelaskan, pelaksanaan kegiatan berlangsung pada Sabtu, 27 April 2024.

Baca juga : Cultural Outreach Program, Untar Kenalkan Budaya Indonesia di Vietnam

"Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini berkolaborasi dengan pihak Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta. Sebagai salah satu kota besar di pulau Jawa, Solo memiliki warisan seni tradisi yang kaya dan dilestarikan dengan baik," ujar Nicholas.

"Tema yang diusung pada kegiatan kali ini adalah menggambarkan kekayaan seni tradisi Solo serta terjalinnya interaksi yang harmonis dengan masyarakat setempat," lanjutnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung dalam dua jenis yaitu pelatihan woodcut (teknik cetak tinggi) yang diikuti karang taruna dan kolaborasi mural (lukisan dinding) yang dilakukan bersama mahasiswa-dosen FSRD IKJ dan mahasiswa-dosen FSRD ISI Surakarta pada dinding yang mengelilingi tempat wisata kolam renang.  

Pelatihan woodcut dan pembuatan mural diselenggarakan di sebuah tempat wisata di Desa Juron yang di dalamnya terdapat pendopo, kolam renang, pembibitan udang, menara, kafe, warung makanan. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat