visitaaponce.com

Produksi Podcast dan Vlog, Implementasi Mata Kuliah Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya

Produksi Podcast dan Vlog, Implementasi Mata Kuliah Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Produksi podcast mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya(Dok Unika Atma Jaya)

MENGANDALKAN teori dan konsep komunikasi dari pembelajaran kampus tidak cukup untuk bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, mahasiswa didorong untuk terlibat aktif dalam implementasinya melalui kegiatan ekstrakurikuler dan praktikum. 

Hal ini yang diterapkan dalam Prodi Ilmu Komunikasi di Unika  Atma Jaya adalah lingkungan pembelajaran yang nyaman, dan mendukung aktivitas pembelajaran yang dinamis, serta kurikulum yang mengikuti trend saat ini dan masa depan. 

Salah satunya bentuk implementasi Atma Radio, wadah kegiatan mahasiswa untuk dapat mempraktikkan matakuliah content creative melalui pembuatan podcast dan vlog yang dapat diakses melalui Youtube dan Spotify. 

Baca juga : Universitas Terbuka Luncurkan Dua Prodi Baru S1 Perpajakan dan S1 Sains Data

Aktivitas ini mendorong mahasiswa untuk mengasah keterampilan mereka dalam produksi konten kreatif, editing video dan audio, kemampuan komunikasi, serta pengelolaan platform media digital. Mereka juga sekaligus belajar bekerjasama dalam kelompok dan lintas budaya.

Selain itu, Prodi Ilmu Komunikasi di UAJ juga membangun nilai-nilai kolaborasi dalam proses pembelajaran. Mahasiswa diajak untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam membahas kasus yang kompleks. Dengan begitu mereka tidak hanya menjadi individu yang cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kemampuan analitis, kreatif, dan solutif dalam menghadapi tantangan serta memecahkan masalah.

Untuk memperdalam pemahaman konsep dan teori, mahasiswa diajak untuk melakukan praktik secara langsung sebagai bentuk implementasi ilmu. Mahasiswa didorong untuk mengembangkan keterampilan praktis seperti storytelling, kampanye komunikasi, pembuatan produk. 

Baca juga : Edukasi Mahasiswa Terapkan Good Mining Practices

Hasil karya mahasiswa juga didorong untuk dipublikasikan ke media eksternal seperti melalui pameran sehingga mereka memperoleh pengalaman berharga dalam mengelola event, berkomunikasi dengan audience, mengembangkan riset berbasis data, dan berbagai aktivitas lainnya.  

Dalam program studinya, tersedia tiga peminatan yaitu Marketing Communication (Marcomm), Corporate Communication (Corcomm), dan Media. Prodi Ilmu Komunikasi UAJ  membekali mahasiswa dengan pengetahuan dunia digital yang berkembang dari mata kuliah dasar hingga mata kuliah peminatan dan semuanya terkait dengan kebutuhan dunia kerja, termasuk tentang AI dalam Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya secara rutin membuat kampanye-kampanye yang menonjolkan nilai-nilai tertentu dalam skala universitas setiap tahunnya. 

Baca juga : Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia Raih Akreditasi Unggul

Kampanye tersebut tidak hanya menjadi sarana untuk mempromosikan nilai-nilai tersebut, tetapi juga sebagai platform bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam dunia nyata.

Untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa dalam lingkup internasional, Prodi Ilmu Komunikasi di UAJ Atma Jaya juga mengadakan berbagai kegiatan seperti seminar dan pertukaran mahasiswa. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka dan memperkaya pengalaman belajar mereka melalui interaksi dengan mahasiswa dari negara lain.

Adapun berbagai fasilitas juga disiapkan sebagai penunjang untuk menghasilkan lulusan Prodi Ilmu Komunikasi yang berkualitas seperti adanya program beasiswa, aktif di program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), kegiatan pengabdian masyarakat, inovasi digitalisasi, para dosen dengan mobilitas internasional, kerja sama dengan pemerintah dan perusahaan, student exchange, serta kolaborasi dengan alumni.

Dengan berbagai inisiatif pendidikan yang progresif dan lingkungan pembelajaran yang mendukung, Prodi Ilmu Komunikasi UAJ terus menjadi pilihan utama bagi mereka yang tertarik untuk mengeksplorasi dunia komunikasi dalam konteks yang beragam dan dinamis. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat