visitaaponce.com

AnimaKini Perkuat Ekosistem Animasi Indonesia di Era AI

AnimaKini Perkuat Ekosistem Animasi Indonesia di Era AI
AnimaKini 2023(Dok IKJ)

FAKULTAS Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Kesenian Jakarta (IKJ) AnimaKini memasuki tahun ketujuh dan kembali digelar pada 4-5 Desember 2023 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Baca juga: CiFFest 2023 Dorong Kesadaran Dunia Fesyen Terhadap Lingkungan

Acara yang didukung Deskov FSRD IKJ dan Ainaki (Asosiasi Industri Animasi Indonesia) sejak dicetuskan kali pertama PADA 2016 ini didekasikan untuk mendukung generasi muda yang memiliki ketertarikan di bidang animasi.

AnimaKini 2023 mengusung tema Rebooting Creativity mengandung makna bagaimana kreativitas seniman beradaptasi terhadap tantangan AI Image Generation dan tools kecerdasan buatan lain.

Baca juga: FSRD-IKJ Soft Launching Buku Mantan Rektor IKJ Wagiono

Seniman didorong untuk menata ulang cara berinovasi dan proses kreatif dengan melampaui batas-batas tradisional dalam ranah seni dan desain animasi di era digital. "Kita harap dengan AnimaKini tidak hanya IKJ yang maju tetapi juga seluruh perguruan tinggi yang mempunyai (jurusan) animasi itu bersama-sama membangun animasi di Indonesia," ujarnya lewat keterangan yang diterima, Rabu (12/6).

Baca juga: Setelah satu Dekade Hiatus, Film Pertama Animator Jepang Miyazaki akhirnya Dirilis

AnimaKini 2023 diawali dari "Animakini Goes To School" yang berlangsung dari 19 Oktober hingga 22 November 2023 dengan memperkenalkan dunia animasi kepada sekolah-sekolah di Jabodetabek.

Sementara itu, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Kesenian Jakarta (IKU) Anindyo Widito mengatakan, perkembangan animasi di Indonesia sedemikian pesat karena tidak hanya untuk film namun animasi juga dipakai untuk iklan, musik, politik, sosial, hingga budaya.

Dia mengatakan, IKJ ingin acara ini memberikan manfaat lebih besar ke masyarakat, terlebih ke dunia pendidikan sehingga para siswa terutama dari SMA dan SMK pun diajari membuat animasi yang baik.

Animasi memegang peran besar dalam berbagai bidang industri kreatif mulai dari politik, sosial, budaya, iklan, musik, dan lainnya. Gen Z dan Alpha sudah terbiasa dengan digital. Begitu pentingnya animasi ini sehingga kita berkolaborasi dengan siswa dan masyarakat," tandas Anindyo. (P-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat