visitaaponce.com

Polres Bungo Jambi Bekuk Kawanan Pencuri Buku Nikah

Polres Bungo Jambi Bekuk Kawanan Pencuri Buku Nikah
Tim Polres Bungo membekuk empat tersangka pelaku pencuri 3.000 eks buku nikah dari Kantor Kemenag Bungo pada awal November 2021 lalu.(dok.Polres Jambi)

KEPOLISIAN Resort Bungo, Polda Jambi, berhasil mengungkap sebagian kawanan jaringan pencurian 3.000 eksamplar buku nikah, yang awal November lalu raib dari ruang penyimpanan Kantor Kemenag Kabupaten Bungo.

Melalui kerja keras tim khusus Polres Bungo yang dikerahkan memburu pelaku pasca pencurian buku nikah dari Kantor Kemenag Bungo, berhasil dibekuk empat tersangka pelaku yang diduga merupakan anggota jaringan pencuri buku nikah antarprovinsi.

Kapolres Bungo Ajun Komisaris Besar Guntur Saputro membenarkan penangkapan tersebut. Dikatakannya, empat anggota jaringan pencurian buku nikah itu ditangkap di empat lokasi dan waktu berbeda. Antara lain di wilayah Sumatera Barat dan Riau.

"Benar. Kita masih melakukan pemeriksaan intensif. Ada empat orang yang sudah kita dapatkan. Ada yang diduga sebagai pelaku pencuri, ada yang diduga sebagai penanah buku nikah," kata Guntur Saputro kepada Media Indonesia, Sabtu (13/11).

Dari pemeriksaan sementara, sebut Guntur, keempat kawanan yang dibekuk tim khusus pemburu anggota jaringan pencuri buku nikah, diduga merupakan sindikasi penjahat antarprovinsi di Sumatera dan Pulau Jawa.

Seperti diberitakan Media Indonesia sebelumnya, Polres Bungo menerima laporan kehilangan 1.500 pasang (3.000 eksamplar) buku nikah belum terpakai dari pegawai Kantor Kemenag Bungo, 1 November 2021. Dari olah tempat kejadian perkara (TKP), anggota Polres Bungo menemukan beberapa bukti pendukung, raibnya ribuan buka nikah akibat ulah pencuri.

Melalui penyelidikan dari rekaman CCTV, polisi berhasil mendeteksi satu orang pelaku yang membobol ruang Kasi Bimas Islam Kemenag Bungo dengan linggis dan obeng. (OL-13)

Baca Juga: Polres Bungo Buru Pencuri Ribuan Buku Nikah

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat