visitaaponce.com

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Ilustrasi(medcom)

RIBUAN rumah terendam banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel) akibat meluapnya sungai-sungai besar di wilayah tersebut. Sejumlah daerah di Kalsel, kini, dalam status siaga bencana banjir.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Tengah, banjir yang terjadi sejak dua hari terakhir itu merendam sedikitnya 1.000 rumah  yang dihuni 1.113 keluarga di lima kecamatan. Selain banjir, tanah longsor juga terjadi di sejumlah titik.

"Banjir kembali melanda wilayah Hulu Sungai Tengah. Saat ini, tim BPBD dan rescue telah mengambil langkah penanganan korban bencana, termasuk evakuasi dan pengungsian warga korban bencana," ungkap Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Ahmad Yani, Selasa (16/11).

Baca juga: Kuningan Waspada Bencana Hidrometeorologi

Banjir terparah melanda enam kelurahan di Kecamatan Barabai, yang merupakan ibu kota kabupaten, dengan ketinggian banjir berkisar 70 cm hingga 1 meter. 

Banjir juga merendam sebagian wilayah di Kecamatan Batang Alai Utara, Haruyan, Batu Benawa, dan Pandawan.

Kepala BPBD Hulu Sungai Tengah Budi Haryanto mengatakan banjir disebabkan tingginya curah hujan di kawasan Pegunungan Meratus sehingga sungai-sungai besar meluap dan merendam wilayah dataran rendah, termasuk Kota Barabai. 

"Dapur umum didirikan di Stadion Mandingin, juga lokasi pengungsian di SMA 1 barabai, MAN 1 Barabai, Mesjid Sulaha lantai 2 dan sebagian masyarakat mengungsi ke tempat keluarga maupun dataran tinggi. Ada juga yang masih bertahan d loteng rumah," tuturnya.

Selain banjir, tanah longsor juga terjadi di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur sepanjang 50 meter dan Desa Pasting, Kecamatan Hantakan sepanjang 30 meter. 

Sebuah jembatan darurat penghubung Desa Timan Ke Desa Patikalain di Kecamatan Hantakan, putus akubat diterjang banjir.

Pantauan Media Indonesia, hujan terus mengguyur sebagian besar wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan itu. Sejumlah  daerah ditetapkan dalam status siaga 1 bencana banjir. 

Pekan lalu, tingginya curah hujan akibat pengaruh La Lina menyebabkan sejumlah.daerah seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Hulu Sungai Selatan terendam banjir. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat