visitaaponce.com

Jambore Pokdarwis Majukan Wisata Pegunungan Meratus

Jambore Pokdarwis Majukan Wisata Pegunungan Meratus
Kampung Bambu salah satu obyek wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel.(MI/Denny S)

PULUHAN tenda berdiri memadati kawasan wisata Manggasang, sebuah obyek wisata alam di tepi Sungai Manggasang, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tenda-tenda ini milik para peserta Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berasal dari desa-desa di kaki Pegunungan Meratus.

Di ajang jambore yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini, para pegiat wisata ini berkumpul, berdiskusi serta mendapatkan pelatihan guna memajukan pariwisata yang ada kawasan Pegunungan Meratus.

"Kegiatan jambore pokdarwis ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten. Kita tahu pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah," tutur Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Hulu Sungai Tengah, Muhammad Yani.

Kegiatan Jambore Pokdarwis bertajuk Festival Kemilau Meratus 2022 ini berlangsung 16-18 Desember.  Selain Jambore Pokdarwis juga dibarengi kegiatan Pertemuan Komunitas Adat Dayak serta festival seni yang menampilkan seniman internasional berkolaborasi dengan seniman lokal.

Tercatat ada 15 Pokdarwis yang berasal dari desa-desa di kaki Pegunungan Meratus mengikuti kegiatan ini. Salah satunya Pokdarwis Datu Maningkat, dari Desa Datar Ajab sebuah desa di terpencil di Kecamatan Hantakan. "Selain bersilaturahmi sesama pegiat wisata, banyak ilmu yang
kita dapat dan menjadi modal untuk membangun pariwisata di desa," ungkap Kasman Susanto, Ketua Pokdarwis Datu Maningkat.

Pokdarwis Datu Maningkat sendiri mengelola beragam obyek wisata alam seperti wisata sejumlah air terjun (rampah) diantaranya tumaung, masangsing, hambawang, libaru batu, miyungkang, pemandian anggang serta hulu marih. Kemudian obyek wisata hutan alam, ritual adat suku dayak
hingga pendakian Gunung Periuk.

Kabupaten Hulu Sungai Tengah merupakan "surga" wisata alam di Provinsi Kalsel. Satu-satunya kabupaten yang menolak aktivitas tambang dan perkebunan sawit ini menjadikan sektor pariwisata dan pertanian sebagai penopang ekonomi daerahnya.

Rangkaian HUT Kabupaten Hulu Sungai Tengah 2022 ini juga diwarnai kegiatan Festival Kuliner, Bazar Ekraf, Lomba Karnaval Etnia, Lomba Pawai Budaya, Lomba Foto dan Video, Lomba Bakesah Bahasa Banjar, serta Lomba Stand Pagelaran Seni Budaya Barabai. (OL-13)

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemprov Jawa Barat Tingkatkan Kemantapan Jalan

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat