visitaaponce.com

Dukung Pemberdayaan Desa Wisata demi Tumbuhnya Pusat Ekonomi Baru yang Merata

Dukung Pemberdayaan Desa Wisata demi Tumbuhnya Pusat Ekonomi Baru yang Merata
Sejumlah pengunjung menikmati keindahan Danau Law Kawar di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.(Antara/Yudi Manar)

PEMBERDAYAAN desa wisata melalui berbagai cara harus mendapat dukungan semua pihak demi menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru yang lebih merata di tanah air. 

"Potensi yang dimiliki desa wisata harus benar-benar dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat dan kelestarian lingkungannya, agar tumbuh pusat ekonomi baru yang berkelanjutan," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/7). 

Awal pekan ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan Semarak Event Unggulan di Desa Wisata (Senandung Dewi) 2024 untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan ke desa wisata. Program dukungan pengembangan desa wisata itu berfokus pada nilai-nilai keberlanjutan (sustainability), skalabilitas (scalability), dan nilai jual (sellable). 

Baca juga : Pengembangan Produk Pariwisata Berkelanjutan Harus Konsisten Dilakukan

Program Senandung Dewi dijalankan dengan dua skema. Skema pertama mengkurasi desa wisata di Indonesia yang telah memiliki event tetapi belum berkembang. Kedua, bila desa wisata tersebut belum memiliki event, dirancangkan event menarik sesuai kearifan lokal.

Pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 tercatat sebanyak 6.016 desa wisata dari seluruh Indonesia mengikuti ajang tersebut. Menurut Lestari, langkah yang dilakukan pemerintah dalam pemberdayaan desa wisata harus mendapat dukungan semua pihak, mengingat potensi desa yang tersebar di seluruh Indonesia sangat besar. 

Ribuan desa wisata, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, memiliki keragaman potensi budaya, lingkungan, dan sejarah yang bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah berharap potensi yang dimiliki desa wisata dapat ditemukan dan dikelola dengan mengedepankan prinsip berkelanjutan. 

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah serta masyarakat dapat membangun kolaborasi dengan baik. Ini untuk merealisasikan pemberdayaan desa wisata demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih merata. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat