visitaaponce.com

Jabar Diprediksi Diguyur Hujan Deras Akhir Pekan Ini, Warga Diimbau Waspada

Jabar Diprediksi Diguyur Hujan Deras Akhir Pekan Ini, Warga Diimbau Waspada
Ilustrasi(ANTARA)

HUJAN dengan intensitas sedang dan tinggi akan mengguyur Jawa Barat (Jabar) pada akhir pekan ini. Prakiraan itu berdasarkan pemodelan yang memperlihatkan adanya potensi tersebut di wilayah Sumatera Selatan, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Kondisi cuaca pada periode sepekan ke depan akan didominasi dengan potensi hujan berintensitas lebat di banyak wilayah Indonesia bagian Barat dan Tengah. Pada periode 15-18 November potensi hujan lebat diprakirakan terdapat di wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Kaltim, Kaltara, Sulsel, Sultra, Sulteng, Sulbar, dan Papua," ucap Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu dalam keterangan yang diterima Sabtu (19/11).

"Sementara potensi hujan sedang, lebat bersifat lokal cenderung terdapat di Bali, NTB, NTT, Maluku, dan Papua Barat," ujarnya.

BMKG pun merilis peta prakiraan cuaca berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang yang berlaku untuk 20 November 2021, dari daftar tersebut hampir sebagian besar daerah di Jabar memiliki potensi waspada banjir/banjir bandang di wilayah Jabar seperti Sumedang, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Ciamis, Kota Banjar, Tasikmalaya, Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Gaurt, Cianjur, Sukabumi, dan Cianjur. BMKG mengimbau agar warga yang melakukan perjalanan untuk mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem seperti  hujan deras disertai petir.

"Diharap segera menepi dan masuk ke gedung, hindari berlindung di bawah pohon besar pada kondisi demikian, menjauhi tebing jika berada di wilayah yang berbukit. Ketika terjadi hujan yang ekstrem ataupun hujan sedang dengan durasi lama harap menjauhi aliran sungai yang berpeluang meluap," jelasnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat