visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca di Wilayah Indonesia Hari Ini

Prakiraan Cuaca di Wilayah Indonesia Hari Ini
Prakiraan cuaca(BMKG)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan prakiraan cuaca besok Sabtu (15/6) dinyatakan berawan hingga hujan petir di sejumlah wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi,  hingga wilayah Indonesia bagian timur.

Pertama, untuk wilayah Sumatera, BMKG mengumumkan Kota Banda Aceh diperkirakan berawan, hujan lebat diperkirakan terjadi di Kota Medan, dan hujan disertai petir diperkirakan terjadi di Pekanbaru, Tanjung Pinang, serta Padang.

Waspadai juga potensi hujan disertai petir di kota Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, dan Bengkulu. Sementara di Bandar Lampung diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga : Jakarta Selatan Berpotensi Diguyur Hujan Sore Ini

Selanjutnya, untuk wilayah pulau Jawa, hujan ringan diperkirakan terjadi di kota Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di kota Serang dan waspadai potensi hujan disertai petir di kota Bandung. 

Kemudian untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, BMKG menyebut cuaca diperkirakan cukup kondusif, yaitu cerah berawan di kota Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Untuk pulau Kalimantan, cuaca diperkirakan akan berkabut di kota Samarinda dan hujan ringan diperkirakan terjadi di Tanjung Selor dan Palangkaraya. Sementara untuk kota Pontianak diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, serta waspadai juga potensi hujan disertai petir di kota Banjarmasin. 

Baca juga : BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Jakarta Hujan Hari Ini

Lebih lanjut, untuk pulau Sulawesi, cuaca di kota Makassar diperkirakan akan berawan. Sementara hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Manado, Palu, Kendari dan Mamuju. Perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir di Gorontalo. 

Terakhir, wilayah Indonesia bagian Timur. Di wilayah Indonesia bagian Timur, hujan ringan diperkirakan terjadi di kota Ternate, Manokwari dan Jayapura. Sementara hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di kota Ambon. 

Di sisi lain, BMKG mengatakan sirkulasi siklonik terpantau berada di Papua bagian Barat. Pasangan angin permukaan di wilayah Indonesia diprediksi didominasi dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km per jam. 

Baca juga : BMKG Prediksi Jakarta Diguyur Hujan Siang Ini

Berdasarkan peta Fire Danger Rating System, BMKG menyebut beberapa wilayah yang meliputi sebagian Aceh, Riau, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, serta Papua Selatan masuk ke dalam wilayah dengan kategori sangat mudah terbakar. 

Oleh karena itu, BMKG mengingatkan kepada masyarakat yang berada di wilayah tersebut untuk tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di sembarang tempat. 

Suhu udara esok hari umumnya berkisar antara 19 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban berkisar antara 50 hingga 100 persen. Sementara untuk prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Perlu diwaspadai potensi banjir rob pada esok hari di wilayah pesisir utara Jawa Tengah. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat