visitaaponce.com

Potensi Hujan Ringan-Sedang di Pegunungan dan Dataran Tinggi Jateng sepanjang Akhir Pekan

Potensi Hujan Ringan-Sedang di Pegunungan dan Dataran Tinggi Jateng sepanjang Akhir Pekan
Dieng, Batur, Banjarnegara, salah satu lokasi dataran tinggi di Jateng.(Dok. Antara)

HUJAN ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di puluhan daerah kawasan pegunungan dan dataran tinggi di Jawa Tengah (Jateng). Meskipun secara umum cuaca berawan terjadi sepanjang Sabtu (8/6).

Pemantauan Media Indonesia Sabtu (8/6) sejak pagi di sejumlah wilayah pegunungan dan dataran tinggi di Jawa Tengah terlihat berawan cukup gelap, diperkirakan hujan bakal turun pada sore hingga malam hari seperti sehari sebelumnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berdasarkan pengamatan Citra Satelit Cuaca menyebutkan sejumlah daerah di Jawa Tengah terutama di pegunungan dan dataran tinggi masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

Baca juga : Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Jateng Selatan

Dampak potensi hujan dengan intensitas ringan-sedang ini, maka diminta waspada kepada warga yang melakukan perjalanan pada sore-malam hari di kawasan pegunungan dan dataran tinggi, terutama melakukan liburan akhir pekan.

"Angin dari arah barat-timur laut berkecepatan 03-25 kilometer per jam, suhu udara berkisar antara 24-35 derajat celcius dengan kelembaban udara 55-95 persen," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Ahmad Yani Semarang Gempita Icky Dzikrillah Sabtu (8/6).

Pada siang atau sore hingga awal malam, lanjut Icky Dzikrillah, cuaca di daerah di Jawa Tengah umumnya berawan, potensi hujan ringan-sedang tersebar tidak merata di pegunungan tengah, dataran tinggi dan sekitarnya.

Baca juga : Hujan Deras Masih Berpeluang Terjadi Di Jateng Selatan

Cuaca berawan sepanjang hari, ungkap Icky Dzikrillah, terjadi di di sejumlah daerah yakni Cilacap, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Jepara, Demak, Brebes, Surakarta, Semarang, Pekalongan dan Tegal.

Sementara hujan ringan, demikian Icky Dzikrillah, berpotensi terjadi di Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Karanganyar, Kudus, Ungaran, Temanggung, Kendal, Batang, Kajen, Slawi, Magelang, Salatiga, Bumiayu, Majenang dan Ambarawa. "Purwokerto, Purbalingga dan Pemalang hujan ringan-sedang," imbuhnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat