visitaaponce.com

Waspada Angin Kencang, Berikut Prakiraan Cuaca Minggu, 9 Juni 2024

Waspada Angin Kencang, Berikut Prakiraan Cuaca Minggu, 9 Juni 2024
Ilustrasi cuaca beberapa wilayah Indonesia yang diprediksi mengalami angin kencang.(Dok. Freepik)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi angin permukaan di Indonesia esok hari, Minggu (9/6), umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan angin 10 hingga 50 km per jam. BMKG meminta masyarakat waspada potensi angin kencang, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

BMKG juga menyebutkan adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Hindia sebelah Barat, Sumatera Barat, sehingga membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi di Provinsi Riau. Sirkulasi ini juga membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi di Samudra Hindia bagian barat Sumatera Barat.

Selain itu, daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari Laut Natuna hingga Laut Cina Selatan, Laut Flores, Teluk Tomini, Teluk Bone, Laut Banda, Laut Seram, Laut Halmahera, Laut Arafuru, dan Papua Selatan.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Jumat 7 Juni 2024, Angin Kencang Melanda Sebagian Wilayah

Lebih lanjut, daerah pertemuan angin atau konfluensi terpantau di Laut Arafuru dan Laut Sulawesi. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah sirkulasi siklonik konvergensi atau konfluensi tersebut.

Suhu udara untuk esok hari umumnya berkisar antara 20 hingga 34 derajat celcius dengan kelembaban berkisar antara 50 hingga 100 persen.

Selanjutnya, untuk prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia, secara umum berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Samudra Hindia Barat Lampung dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Bali.

Baca juga : BMKG Imbau Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Waspadai juga potensi banjir rob pada esok hari di pesisir Sumatera Utara, pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Jawa Timur, pesisir Kalimantan Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

Prakiraan Cuaca Untuk Kota-Kota Besar di Indonesia, Minggu, 9 Juni 2024.

1. Pulau Sumatera.

Baca juga : Prakiran Cuaca Hari Ini, Sejumlah Kota Besar Hujan Disertai Angin Kencang

Diprakirakan cuaca cerah berawan terjadi di kota Banda Aceh dan Padang. Potensi hujan ringan terjadi di kota Tanjung Pinang, serta waspadai hujan lebat di kota Medan dan hujan petir di kota Pekanbaru.

Masih di Pulau Sumatera, cuaca kabut diprediksi terjadi di kota Jambi. Potensi hujan ringan terjadi di kota Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung, serta waspadai hujan petir di Pangkal Pinang.

2. Pulau Jawa

Baca juga : BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Sepekan ke Depan

Potensi berawan di kota Semarang dan Yogyakarta, berawan tebal di kota Serang, sementara potensi hujan ringan diprediksi terjadi di kota Jakarta dan Bandung, serta waspadai hujan lebat terjadi di Surabaya.

3. Pulau Bali Nusa Tenggara

Kota Kupang diperkirakan berawan, serta potensi hujan ringan terjadi di kota Mataram dan Denpasar.

4. Pulau Kalimantan

Prediksi cuaca esok hari berawan di kota Palangkaraya dan Kabut di kota Tanjung Selor, sementara hujan ringan berpotensi terjadi di kota Samarinda, serta waspadai hujan petir di kota Pontianak dan Banjarmasin.

5. Pulau Sulawesi

Cuaca berawan diprediksi terjadi di kota Mamuju, Kendari, dan Makassar, potensi hujan ringan terjadi di kota Gorontalo, serta waspadai hujan petir di kota Manado dan Palu.

6. Wilayah timur Indonesia

Potensi hujan ringan terjadi di kota Ternate, Manokwari, Jayapura, dan Ambon.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat